Presiden Jokowi Segera Resmikan Tol Ngawi-Kertosono

MADIUN, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi dijadwalkan segera meresmikan Jalan Tol Ngawi-Kertosono sepanjang 49,50 kilometer.

“Segera, akan dilaporkan kepada Presiden Jokowi dan disesuaikan dengan jadwal beliau untuk segera diresmikan,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjawab pers di sela Festival Jalan Tol (FJT) “Sundown Loop” di Gerbang Tol (GT) Madiun, Sabtu (6/1).

Basuki menjelaskan, setelah diresmikan masyarakat bisa menggunakan jalan tol ini beberapa waktu tanpa tarif alias gratis sebagai bentuk sosialisasi.

“Tarifnya per kilometer sekitar Rp 1.200 – Rp 1.300 untuk golongan satu,” kata Basuki.

Dikatakan, ruas Tol Ngawi-Kertosono ini sebagai bagian dari Tol Solo-Ngawi-Kertosono dan merupakan bagian dari Tol Trans Jawa yang harus tuntas sampai akhir tahun ini.

“Untuk ruas Solo-Ngawi juga sudah lebih 90 persen fisik konstruksi dan tinggal membangun puluhan jalan layang lintas (over pass). Dari 61 yang dikerjakan, 23 yang belum selesai,” katanya.

Basuki memastikan bahwa pembangunan jalan lintas itu akan diprioritaskan di titik-titik terdekat dengan perkampungan dibanding yang jauh perkampungan seperti di persawahan.

Basuki juga menegaskan bahwa setelah Tol Trans Jawa tuntas pada akhir 2018 maka pihaknya mempertimbangkan akan membangun sejumlah tol baru di Jawa Timur.

“Ada sejumlah permintaan tol baru yang akan terhubung dengan Tol Trans Jawa seperti ruas Kediri-Kertosono dan Situbondo-Lumajang,” kata Basuki.

Sementara itu, Dirut PT Jasa Marga Desi Arryani mengaku, festival tersebut sebagai ajang perkenalan Jalan Tol Ngawi-Kertosono sepanjang 49,50 km kepada masyarakat.

“Masyarakat hadir lebih dari 4000 orang dan mereka dihibur setelah mengikuti lomba fun bike, loop cycling, dan fun walk,” kata Desi.

Desi berharap melalui festival ini, masyarakat dapat ikut memiliki dan menjaga bersama jalan Tol Ngawi-Kertosono yang akan diresmikan pada Januari 2018 ini.

Hingga Ahad awal di Januari, pembangunan konstruksi tol ini telah mencapai 98,5 persen dan lahan bebas sebesar 99,88 persen.

Tol ini dibangun oleh PT Ngawi Kertosono Jaya (PT NKJ), selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Total panjang jalan Tol Ngawi-Kertosono 87,5 km dan dari ruas ini sepanjang 49,5 km dikerjakan oleh PT NKJ dengan nilai investasi Rp 3,83 triliun untuk ruas Ngawi-Wilangan.

Sedangkan sisanya yakni ruas Wilangan-Kertosono sepanjang 37 km dikerjakan pemerintah dengan sumber pendanaan pinjaman Tiongkok. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

Bela UAS, Netizen Indonesia Banjiri Akun Medsos Pejabat Singapura

SERUJI.CO.ID - Akun media sosial Presiden Singapura Halimah Yacob...

Kalimantan, Tumpuan Indonesia ke Depan

Kalau ada orang orang memandang remeh Kalimantan, saya pastikan yang bersangkutan kurang banyak piknik di dalam negeri

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Segarkan Wajah dengan A I U E O