Pemprov Jatim Siagakan Pompa Atasi Banjir Porong

0
39
Banjir di Porong
Banjir merendam rel kereta api di sekitar Lapindo, Porong, Sidoarjo. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiagakan pompa air untuk mengatasi banjir yang menggenangi sekitar Jalan Raya Porong, Kabupaten Sidoarjo, yang ketinggiannya melebihi jalur perlintasan kereta api.

“Yang bisa dilakukan yaitu dengan mendatangkan pompa air agar air segera surut,” ujar Gubernur Jawa Timur Soekarwo ketika ditemui di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin (27/11).

Pompa-pompa air didatangkan sebanyak empat unit dari Bojonegoro dan Lamongan, kemudian empat unit lainnya disiagakan dari Pasuruan.

Selain itu, pihaknya juga mendatangkan petugas dan bantuan sarana terutama menyediakan fasilitas darurat bagi warga terdampak dari Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum Pengairan, Bakesbangpol dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Tidak itu saja, kata dia, petugas juga berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia karena juga berkaitan dengan terputusnya rel atau jalur kereta api yang merupakan perlintasan masuk Surabaya dari arah Sidoarjo dan Bangil.

Kendati demikian, orang nomor satu di Pemprov Jatim itu menyebut tergenangnya air di Jalan Raya Porong tidak terlalu menghambat perekonomian karena arus lalu lintas kendaraan berat masih bisa melintas melalui jalur lainnya.

“Kalau truk atau kendaraan barang masih bisa lewat arteri dan macetnya juga tidak sampai terhenti. Berbeda dengan kereta api yang memang jalurnya terputus, tapi karena yang diangkut orang maka tidak terlalu terganggu untuk arus lalu lintas barang,” ucapnya.

Di sisi lain, PT KAI Daerah Operasi 8 Surabaya melakukan percepatan normalisasi jalur rel di kawasan Porong yang terendam banjir, tujuannya supaya bisa segera difungsikan dan dilewati kembali.

Bagi penumpang yang mengalami pembatalan perjalanan akan dikembalikan biaya tiketnya 100 persen di loket dengan menunjukkan “boarding pass” atau tiket asli dan kartu identitas di loket stasiun. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Tips Makan Sehat Puasa

Oleh: dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. SERUJI.CO.ID - "Puasalah agar kamu sehat", demikian salah satu hadis Rasulullah berkaitan dengan manfaat puasa bagi yang...

DPR Anggap Polisi Lakukan Pelecehan Karena Jadikan Alquran Sebagai Bukti Terorisme

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid menganggap kepolisian telah melakukan pelecehan pada ummat Islam karena tindakan menjadikan Alquran sebagai barang...

Pertamina TBBM Sei Siak kembali Resmikan Program CSR untuk Masyarakat Tanjung RHU dan Pesisir

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - PT Pertamina (Persero) Terminal Pengisian Bahan Bakar Minyak (TBBM) Sungai Siak meresmikan program Corporate Social Responsibility (CSR) pemberdayaan masyarakat di kelurahan...

Tebarkan Semangat Kebaikan, Bahagia Bersama Yatim PKPU HI Mulai Bergulir

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Di hari kedua Ramadhan PKPU Human initiative Kaltim menyalurkan program Bahagia Bersama Yatim berupa paket bingkisan, Sebar Al-Quran dan Buka Puasa...

Bupati Malinau Hadiri Panen Padi Perdana PT. MA dan PT. BDMS

MALINAU, SERUJI.CO.ID - Bupati Malinau DR. Yansen TP menghadiri panen padi perdana di lahan pertanian yang dioleh PT. Mitrabara Adiperdana (MA) dan PT. Bara...