Pemprov Jatim Ambil Alih Penanganan Bencana Pacitan

0
116
Banjir Pacitan
Banjir Pacitan. (Foto: Fb)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengambil alih penanganan bencana banjir dan longsor yang terjadi di Kabupaten Pacitan. Itu artinya, segala kebutuhan biaya untuk menangani bencana otomatis bersumber dari Pemprov.

Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan pengambilalihan ini sesuai permintaan Bupati Pacitan yang mengharapkan bencana ini ditetapkan sebagai bencana provinsi. Ambil alih tersebut meliputi pembiayaan untuk perbaikan rumah, infrastruktur jalan dan penanganan warga masyarakat pasca terjadinya banjir.

“Kami siapkan Rp 100 miliar anggaran untuk menangani bencana di Pacitan,” kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya, di Surabaya, Jumat (1/12).

Loading...

Tentang jumlah rumah yang akan dibangun, besaran harga masing-masing rumah, akan dihitung bersama tim gabungan. Termasuk nantinya akan melibatkan juru taksir dari fakultas teknik setempat.

“Setelah diambil alih ini, masyarakat yang rumahnya rusak dan tidak bisa bekerja akan mendapat tunjangan hidup sebesar Rp 900 ribu/jiwa/bulan selama tiga bulan,” katanya.

Penghitungan itu, Pakde Karwo menargetkan selesai pada tanggal 4 Desember 2017, Pemprov Jatim akan langsung mengeluarkan anggaran belanja untuk rehab ini dan maksimal 20 hari berikutnya pembangunan rumah sudah harus selesai.

Pelaksanaan pembangunan akan dilakukan oleh Kodam V Brawijaya dan Polda Jatim. Pola kemitraan seperti ini, bukan pertamakali dilakukan oleh Pemprov Jatim dan Kodam V Brawijaya. Saat bencana meletusnya Gunung Kelud beberapa tahun lalu, misalnya, pembangunan 14.231 rumah dilakukan dalam satu bulan. Pola penanganan sama juga dilakukan di bencana tanah longsor di Ponorogo beberapa bulan lalu.

Pola kerjasama sejenis sudah dilakukan berkali-kali, sebagai contoh perbaikan Rumah tidak Layak Huni (RTLH).

“Dalam memperbaiki satu rumah dikerahkan 10 TNI dan beberapa personil gabungan yang dibantu warga,” katanya. (Amal/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU