Pemkot Malang Optimalkan CSR Percantik Taman-Pedestrian

0
24
Skybike di Taman Singha Merjosari
Pemandangan Skybike di Taman Singha Merjosari. (Foto: ilovemalang)

MALANG, SERUJI.CO.ID – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Malang, Jawa Timur mengoptimalkan dana yang digelontorkan perusahaan melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) untuk mempercantik taman dan pedestrian yang ada di wilayah itu.

Plt Kepala Disperkim Kota Malang Erik Setyo Santoso, Senin (11/12) mengakui sebagian besar pendanaan untuk memperindah taman-taman di wilayah itu merupakan bantuan dari sejumlah perusahaan yang peduli lingkungan melalui dana CSR-nya.

“Memang ada dana sharing dari Pemkot Malang maupun pemerintah pusat, namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, kami mengoptimalkan dana SCR perusahaan untuk melengkapi fasilitas sesuai kondisi dan kekhasan masing-masing taman,” ujarnya.

Sejumlah perusahaan yang telah mengucurkan dana CSR-nya untuk mempercantik taman maupun pedestrian di Kota Malang di antaranya adalah PT Bentoel, Nikko Steel, Bank Jatim, BRI, Telkomsel, dan PT Slikon yang menyediakan lampu-lampu taman, termasuk di Taman Singha Merjosari.

Taman Singha Merjosari mendapatkan bantuan CSR dari PT Slikon Jakarta berupa lampu penerangan senilai Rp 900 juta. Sebelumnya, Taman Singha Merjosari dinilai kurang nyaman karena minimnya penerangan, bahkan warga sekitar mengeluhkannya karena banyak pengunjung memanfaatkan area temaram itu dengan kegiatan negatif.

Lebih lanjut, Erik mengatakan penerangan di kawasan Taman Singha Merjosari tersebut sudah terpasang lengkap dengan pengamannya dan segera diresmikan.

“Peresmiannya nanti akan digelar malam hari karena untuk melihat bagaimana penerangan tersebut mampu menerangi kawasan Taman Singha yang cukup luas itu,” katanya.

Selain menambah penerangan, Taman Singha dan taman-taman lainnya juga akan dipasang kamera pengintai (CCTV). Untuk Taman Singha akan dipasang enam kamera pengintai. Proses pemasangan kamera pengintai tersebut sudah hampir selesai dan segera diujicobakan.

“Nantinya, masyarakat bisa mengakses hasil dari rekaman CCTV tersebut secara langsung melalui laman Disperkim, yakni Disperkim.malangkota.co.id. Jadi masyarakat bisa membukanya langsung kalau ingin mengetahui aktivitas pengunjung taman,” ucapnya.

Menanggapi banyaknya sorotan dari masyarakat terkait bongkar pasang pedestrian di kawasan Jalan Ijen, Erik mengaku pedestrian tersebut usianya sudah cukup lama dan keramiknya banyak yang pecah, sehingga dibongkar dan dipasang yang baru.

“Untuk merevitalisasi pedestrian di Jalan Ijen tersebut, sebagian juga dari dana CSR. Anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp5 miliar dan dilakukan secara bertahap. Anggaran sebesar itu diperoleh dari CSR dan sharing dari APBD Kota Malang dan pemerintah pusat. Revitalisasi tersebut diperkirakan tuntas tahun depan,” ujarnya.

Dalam tiga tahun terakhir ini, Pemkot Malang gencar melakukan revitalisasi taman-taman kota dan pedestrian, bahkan sejumlah taman yang baru direvitalisasi dibongkar dan dibangun kembali, seperti taman di sepanjang Jalan Veteran dan di Jalan Ijen. (Ant/SU02)

Komentar

BACA JUGA
Jiwa Seni Puti Guntur

Bertemu Seniman, Puti Soekarno Berkisah Tentang Jiwa Seni Kakek dan Keluarganya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Calon Wakil Gubernur Jatim nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno bertemu dengan kalangan seniman yang tergabung Forum Masyarakat Seni Indonesia (Formasi)...
Relawan Gus Ipul

60 Kelompok Relawan Siap Menangkan Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 60 kelompok relawan pendukung calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf-Puti Guntur siap memenangkan paslon tersebut di kontestasi Pilgub 2018. Para...
Mediator kesehatan

Mediator Kesehatan Diharapkan Mampu Memediasi Perselisihan di Bidang Kesehatan

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya bersama Jimly School of Law and Goverment berupaya mengembangkan profesi mediator kesehatan. "Ini dinilai penting sebagai upaya...
buku Boko Haram

Bedah Buku Boko Haram: Indonesia Harus Belajar Pengalaman Nigeria

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Peneliti Centre For Statecraft and Citizenship Studies (CSCS) Universitas Airlangga, Rosdiansyah menangkap pesan utama dari buku “BOKO HARAM: The History of...
persiba

Persiba Gagal Bendung Ketangguhan Sriwijaya FC

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Tuan rumah Persiba Balikpapan gagal membendung ketangguhan Sriwijaya FC dan menyerah 0-1 pada pertandingan babak penyisihan Grup B turnamen Piala Gubernur Kalimantan...
loading...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...
IMG_20180224_110625_530

Mencari Logika di Balik Kasus Tuduhan ke Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab (RHS) juga ditetapkan sebagai tersangka, setelah sebelumnya FH dijerat pasal pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. RHS bahkan...