Pemkab Gresik Meluncurkan Aplikasi Kependudukan “Kep-O”

0
18
pemkab gresik
Kantor Bupati Gresik. (Foto: Istimewa)

GRESIK, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Gresik, Jawa Timur meluncurkan aplikasi “Dr Kep-O” atau kependudukan berbasis online/daring, untuk mengoptimalkan pelayanan data kependudukan masyarakat di daerah ini.

“Aplikasi tersebut sudah bisa diunduh melalui layanan Playstore,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Kabupaten Gresik, Siti Muklisyatin, Jumat (8/12).

Ia mengatakan, penggunaan aplikasi Dr Kep-O setidaknya memudahkan masyarakat untuk memasukkan sendiri data kependudukannya.

“Data yang dimasukkan masing-masing orang akurasinya lebih optimal, lebih cepat dan lebih memudahkan pelayanan,” katanya.

Ia mengatakan, pelayanan melalui daring ini lebih mudah dibandingkan pelayanan yang melalui register desa/kelurahan tanpa memasukkan data sendiri.

“Kalau pemohon sudah mengentry sendiri maka tugas register desa hanya menerima data, verifikasi, dan cetak form,” ujarnya.

Aplikasi ini, katanya, juga dapat memberikan informasi data kependudukan, misalnya data masyarakat tentang akte kelahiran, akte kematian, dan berbagai informasi kependudukan yang lain.

“Setelah aplikasi terinstal ke gadget, bisa langsung masuk dengan mendaftarkan nomer KK. Disana banyak menu layanan yang bisa dipilih,” katanya.

Menanggapi peluncuran aplikasi itu, Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim mengaku bangga, dan berterima kasih atas partisipasi masyarakat Gresik untuk mau melakukan register.

Qosim mengaku, data kependudukan sangat penting, dan suatu keharusan untuk melindungi masyarakat, mencerdaskan, dan kesejahteraan masyarakat.

“Omong kosong ketika kita bicara kesejahteraan tanpa disertai data kependudukan yang jelas,” katanya.

Qosim mengaku, Pemkab Gresik mempunyai tiga target program data kependudukan, yaitu mewujudkan pelayanan cepat, mudah, dan memuaskan via daring dengan aplikasi kependudukan.

“Kami harap, pada tahun 2019 masyarakat Gresik sudah mengantongi KTP elektronik dengan pemutakhiran data dan meminimalkan selisih data,” pugkasnya. (Ant/SU03)

Komentar

BACA JUGA
Febri Diansyah

KPK Perpanjang Penahanan Tersangka Suap RAPBD Jambi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan anggota DPRD Provinsi Jambi 2014-2019 Supriono, tersangka suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah...

Penghina Presiden Dibawa Ke Mabes Polri

TANJUNGPINANG, SERUJI.CO.ID - Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia membawa MKN (54), tersangka ujaran kebencian terhadap Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara serta...

Presiden Apresiasi Penggagalan Distribusi 1,6 Ton Sabu-Sabu

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Presiden Joko Widodo mengapresiasi upaya penggagalan 1,6 ton narkoba jenis sabu di perairan Karang Helen Mars yang berdekatan dengan Karang Banteng, Kabupaten...
Gus Ipul Kunjungi korban banjir

Gus Ipul Kunjungi Kediaman Korban Banjir

JOMBANG, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul), mengunjungi keluarga korban hilang akibat terseret arus sungai yang disebabkan...
Rakor KPU Sumut

Jumlah Dikurangi, Beban Kerja PPK Akan Lebih Berat di Pemilu 2019

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Anggota KPU Provinsi Sumut Nazir Salim Manik mengatakan jumlah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas pada Pemilu 2019 dipangkas...
loading...
Al Battani

Penemu Kala Revolusi Bumi Ternyata Muslim

Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari pada orbitnya. Revolusi bumi ini bisa terjadi akibat tarik menarik antara gaya gravitasi bumi dengan gaya gravitasi...
IMG-20180222-WA0084

PANWASLU KABUPATEN MESUJI RAKOOR TENTANG PENANGANAN PELANGGARAN PEMILU

Pada hari Kamis tanggal 22 Februari 2018, Panwaslu Kabupaten Mesuji mengadakan Rapat Koordinasi dengan peserta Anggota Panwascam Divisi Penindakan dan Divisi SDMO serta 1...
Talonsong

Talonsong

Talonsong, sebuah kata dalam bahasa Minang, yang sering dituturkan ditengah masyarakatnya.  Talonsong, padanannya dalam bahasa indonesia yang tepat adalah terlanjur.  Jika talonsong,  maka semuanya...