Lewat Tema Zero Waste, Tunas Hijau Ajak Anak Sekolah Peduli Sampah

1
142
Zero Waste
Suasana acara Gelar Program Surabaya Eco School 2017, pada Ahad, 5/11/2017. (Foto: Firman A/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Dalam mengatasi masalah sampah perkotaan, Pemerintah Kota Surabaya selain menjalankan program yang digagas sendiri, juga menggandeng lembaga swadaya masyarakat untuk mengatasi sampah.

Salah satunya, Tunas Hijau, yang digandeng Pemkot Surabaya, merupakan gerakan peduli lingkungan hidup khususnya di sekolah-sekolah. Sejak Sabtu (4/11) hingga hari ini, Tunas Hijau menggelar acara tahunan yang bernama Surabaya Eco School 2017, dengan mengambil tema “Zero Waste”.

Koordinator program Eco School, Anggriyan Perdana, kepada SERUJI pada Ahad (5/11) mengatakan sampah di perkotaan yang selalu bertambah akan menjadi masalah tersendiri jika tidak ada program yang serius untuk menyelesaikannya.

“Lebih-lebih Surabaya sebagai kota metropolitan kedua setelah Jakarta, pasti akan menghadapi permasalahan sampah juga,” ujar Anggriyan.

Atas dasar inilah, kata Anggriyan, Tunas Hijau menggelar program tahunannya, di mana event tahunan lomba lingkungan hidup antar sekolah di Surabaya Eco School 2017 ini sebagai gong dari berbagai tantangan yang ada.

“Ada tantangan pekanan dan bulanan. Nah yang tahunan ini, salah satunya adalah lomba yel-yel lingkungan hidup”, ujar pria yang akrab disapa Riyan ini.

Riyan mengatakan, target dari acara ini adalah mengajak masyarakat Surabaya agar peduli dengan sampah.

“Diantaranya adalah mengurangi sampah plastik dan tidak meninggalkan sampah kecuali membuangnya pada tempatnya,” kata dia.

Pantauan SERUJI, meskipun suasana panas terik matahari pada Sabtu kemarin, tidak menyurutkan semangat 82 peserta lomba yel-yel di tingkat SD se-Surabaya. Sedangkan hari ini (5/11) adalah lomba yel-yel tingkat SLTP se-Surabaya.

Tidak hanya peserta saja yang semangat, juga keluarga dari para peserta mendukung putra-putrinya. Ini terlihat penuhnya parkir kendaraan di sekitar area acara, Kebun Bibit Surabaya.

Wakil ketua kesiswaan dari SDIT Al Uswah Surabaya, Sulaikah Kurniawati kepada SERUJI mengatakan bahwa anak didiknya, sebagai peserta, sangat antusias dalam lomba ini.

“Anak-anak sangat senang dan semangat menyiapkan lomba ini. Mulai dari membuat kostum untuk tampil sampai latihannya yang berkali-kali,” kata ibu yang akrab disapa Ustadzah Nia oleh murid-muridnya.

Menurutnya, anak didiknya latihan sampai berkali-kali karena untuk melatih kekompakan.

“Selain penilaian kostum dan musik, harmonisasi dan lirik harus kompak”, tuturnya.

Salah satu peserta dari SDIT Al Uswah, Aulia Annisa Ramadhani, yang ditemui SERUJI tampak begitu senang dan menikmati acara ini.

“Ya tentu senang sekali ikut serta lomba yel-yel ini”, kata murid kelas 5 SD itu yang baru selesai tampil.

“Bahkan kemarin sebelum tampil saya update status di instagram saya, merindukan hari esok …,” imbuh siswa yang mengaku sudah hafal Al-Qur’an 6 Juz ini. (Firman A/SU02)

Komentar

BACA JUGA
narkoba

Kotak Rokok Berisi Belasan Paket Sabu Disita Polres Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE, SERUJI.CO.ID - Anggota Kepolisian Resor Lhokseumawe dari Polsek Samudera, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh berhasil menangkap pengedar narkotika jenis sabu-sabu dan menemukan sebanyak 16...

Polres Lhokseumawe Tangkap Perawat Pencuri Ribuan Botol Infus

LHOKSEUMAWE, SERUJI.CO.ID - Personel Kepolisian Resor Lhokseumawe, Provinsi Aceh menangkap dua orang perawat yang diduga melakukan aksi pencurian sebanyak 2.640 botol cairan infus. Kapolres Lhokseumawe AKBP...
Sudirman Said - Ida Fauziah

Ratusan Dokter Spesialis Dukung dan Siap Kampanyekan Sudirman-Ida

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Sekitar 450 dokter spesialis siap membantu kampanye pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sudirman Said-Ida Fauziyah di bidang kesehatan. "Kami memiliki kepedulian di...
Video Cak Imin dukung Khofifah

Muslimat Dukung Cak Imin Maju Sebagai Cawapres di Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Sekitar seribu orang Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Ahad (18/2), mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa...
Airlangga Hartarto

Golkar Dapat Nomor Urut 4, Airlangga: Sesuai Dengan 4 Pilar dan Catur Sukses

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan nomor urut yang diperoleh partainya, yakni empat, sesuai dengan jumlah empat pilar kebangsaan yang...
loading...
Ilustrasi

Sudah Tepatkah Berlomba-lomba Membuka Minimarket Ummat?

Gegap gempita ummat berjamaah mendirikan Koperasi dengan usaha minimarket perlu diapresiasi. Pasalnya telah tumbuh kesadaran bagaimana menumbuhkan ekonomi ummat supaya lebih berdaya di negeri...
IMG20180217143208

Mengenal Istana Kuning di Kabupaten Kotawaringin Barat

Kotawaringin Barat - Terlintas dalam benak kita sebutan Istana Kuning maka warnanya akan kuning semua. Namun beda dengan Istana Kuning yang berada di tengah...
IMG_20180214_093436_928

Pilkada Calon Tunggal, Demokratiskah?

Pemilihan kepala daerah serentak sudah dalam hitungan bulan lagi.  Harapan akan pesta demokrasi dengan menggunakan hak pilihnya untuk menentukan calon pemimpin daerahnya.  Begitu juga...