Kemensos Kerahkan 1.000 Tagana ke Pacitan

0
14
Tagana
Foto: Dok Kemensos

PACITAN, SERUJI.CO.ID – Kementerian Sosial mengerahkan lebih dari 1.000 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) serta relawan dari berbagai daerah untuk membantu warga membersihkan sisa-sisa lumpur dan kotoran pasca banjir yang melanda Pacitan, 27-28 November.

“Kegiatan ini merupakan supporting dari teman-teman relawan dari seluruh Indonesia bahkan dari dunia Internasional, kepada situasi yang terjadi di Pacitan,” kata Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial, Margowiyono di Pacitan, Kamis (7/12) malam.

Ia mengatakan, keberadaan 1000 tagana dan relawan membantu warga agar bisa saling bahu membahu membersihkan lumpur, kayu-kayu dan bebatuan yang masih menumpuk di rumah-rumah korban banjir.

Para relawan juga ikut membantu menyingkirkan bangkai-bangkai binatang yang sudah mulai membusuk dan berpotensi menyebarkan penyakit.

“Tim disebar di tiga titik yang menjadi daerah terparah akibat banjir, yang pertama di Pondok Pesantren Tremas yang memiliki 15 asrama. Kemudian dua tim lainnya masing-masing di Desa Ploso Kidul dan Ploso Kalor,” katanya.

Ia berharap, supporting atau dukungan yang dilakukan para relawan dan tagana di bawah panji Kemensos bisa menjadi obat bagi warga Pacitan untuk segera pulih dan bangkit.

Sebab dengan Bhakti Sosial ini, masyarakat merasa sangat terbantu, menjadi semakin dekat dan mengenal Tagana.

“Terima kasih kepada Tagana yang sudah membantu membersihkan lumpur di halaman rumah kami,” ujar Agus Permadi (35) warga Kelurahan Ploso RT 04 RW 04 Dusun Krajan Lor, Kecamatan Pacitan.

Sebelumnya Agus mengaku tidak tahu apa itu Tagana, namun wawasanya sekarang berubah sejak kenal Tagana yang bisa membantu korban bencana seperti dia alami bersama warga Pacitan lain.

Salah satu Tagana yang ikut berpartisipasi dalam Bhakti Sosial ini adalah Tagana dari Kabupaten Kendal, dengan jiwa Tagana mereka rela meninggalkan keluarga untuk membantu sesama.

“Kami datang ke sini untuk misi kemanusiaan untuk membantu sesama yang membutuhkan,” ujar Koordinator Tagana dari Kabupaten Kendal Dadang Purwoto.

Seolah tak kenal lelah, Tagana dari Kabupaten Kendal itu baru tiba pukul 09.00 WIB langsung ke lapangan untuk bergabung dengan Tagana yang lain membantu membersihkan lumpur di rumah warga.

“Kami berangkat dari Kendal pukul delapan malam (6/12) dan tiba di Pacitan pukul sembilan pagi (7/12), kami langsung bekerja karena kami adalah Tagana,” pungkasnya. (Ant/SU03)

Komentar

BACA JUGA
garam

Tingkatkan Kualitas, Pemkab Kembangkan 75 Hektar Lahan Garam Terintegerasi

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan, mengembangkan 75 hektar lahan garam terintegrasi di dua kecamatan yaitu Labakkang dan Bungoro. "Tahun ini kami...

Legislator: Generasi Muda Lebih Suka Baca Status Daripada Buku

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Mujib Rohmat prihatin dengan generasi muda yang lebih senang membaca status di media...
akun ustadz Somad disuspend

Akun Ustadz Somad Raib, Ini Protes Kang Emil ke Instagram

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Jagad dunia maya dihebohkan dengan tiba-tiba lenyapnya akun instagram ulama terkemuka, ustadz Abdul Somad sejak hari ini, Ahad (25/2). Akun ustadz...

Drainase Buruk Sebabkan Jalan Protokol di Cianjur Banjir

CIANJUR, SERUJI.CO.ID - Sejumlah pengguna jalan menduga buruknya pembangunan drainase di sepanjang jalan protokol di Cianjur, Jawa Barat, sebagai penyebab banjir terutama ketika hujan...

BNPB: Bukit dengan Hutan Saja Tidak Cukup Cegah Longsor

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bencana longsor di Brebes, Jawa Tengah, harus...
loading...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...
IMG_20180224_110625_530

Mencari Logika di Balik Kasus Tuduhan ke Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab (RHS) juga ditetapkan sebagai tersangka, setelah sebelumnya FH dijerat pasal pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. RHS bahkan...