Jalur Rel Porong Mulai Bisa Dilewati Kereta Api

0
100
Rel terendam banjir
Rel jalur KA Porong-Tanggulangin terendam banjir. (Foto: KAI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID –  Jalur rel di kawasan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur yang sebelumnya tergenang banjir dan tidak bisa dilalui kereta api, Sabtu (2/12) pagi, mulai bisa dilewati moda transportasi tersebut.

Manajer Humas PT Kereta Api Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko di Surabaya, Sabtu, mengatakan KA pertama yang lewat di jalur tersebut, yaitu KA Mutiara Timur Malam dari Kabupaten Banyuwangi menuju Surabaya Gubeng.

Meski demikian, kata dia, kereta yang melalui kawasan itu dengan pembatasan kecepatan maksimal lima kilometer per jam.

Loading...

“Alhamdulillah, jalur KA di kawasan Lapindo sudah bisa beroperasional kembali, sementara dengan pembatasan kecepatan lima km/jam,” katanya.

Ia mengatakan KA Mutiara Timur Malam melewati kawasan banjir Porong pada pukul 05.17 WIB dan tiba di Stasiun Tanggulangin pukul 05.53 WIB, dan kembali berangkat menuju Surabaya pukul 05.54 WIB.

Sebelumnya, PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya memfungsikan 11 unit pompa untuk mengurangi banjir yang menggenangi rel di kawasan Porong, Sidoarjo.

Tergenangnya rel di kawasan Porong sempat membuat okupansi atau tingkat keterisian kursi di KA yang melalui kawasan itu menurun.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 9 Luqman Arif di Jember mengakui ada penurunan jumlah penumpang untuk KA jarak jauh, namun angka pastinya belum menghitung berapa persen penurunannya dibandingkan dengan hari normal.

Dia mengatakan rata-rata penumpang KA Logawa relasi Jember-Purwokerto yang berangkat dari Stasiun Jember sebanyak 400 orang dan KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon yang berangkat dari Stasiun Jember sekitar 250 orang.

Namun, jumlah penumpang dua rangkaian kereta jarak jauh saat banjir Porong menurun, bahkan petugas tidak menjual tiket langsung (go show) untuk KA Ranggajati dan KA Logawa. (Ant/SU02)

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU