Hari Kesehatan Nasional, Gus Ipul Minta Manfaatkan Buah Lokal

0
63
Saifullah Yusuf
Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat teleconference dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dalam rangka Hari Kesehatan Nasional. (Foto: Amal/SERUJI).

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) minta seluruh kantor pemerintahan memanfaatkan makanan dan buah-buahan lokal dalam setiap kegiatan. Menerima tamu atau kunjungan serta rapat-rapat juga harus menyajikan buah dan makanan lokal.

“Pak Gubernur sudah minta, dan saya berharap seluruh kantor-kantor pemerintahan bisa menyajikan makanan dan buah-buahan lokal,” kata Gus Ipul usai menghadiri teleconference dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dalam rangka Hari Kesehatan Nasional di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Ahad (12/11).

Menurut Gus Ipul dengan menggunakan buah lokal, selain mempromosikan buah-buahan dan sayuran Jawa Timur juga akan membantu meningkatkan kesehatan karena buah dan sayuran lokal dijamin lebih sehat tanpa pengawet.

“Kami juga menyarankan penggunaan sayuran dan buah organik. Ini tentu berbeda jauh dengan buah impor yang lebih mahal dan berpengawet,” kata Gus Ipul.

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul juga mengaku telah meminta seluruh bupati/walikota ikut aktif dalam mengkampanyekan hidup sehat.

“Saya bangga karena kebiasaan hidup sehat saat ini sudah masuk ke masyarakat. Di kampung-kampung kegiatan olahraga bersama saat ini cukup meriah. Pagi ini saja banyak kegiatan masyarakat mulai jalan sehat, dan sepeda sehat yang digelar oleh beragam kelompok masyarakat,” kata Gus Ipul.

Untuk menjaga kesehatan, beberapa Tips yang diberikan Gus Ipul diantaranya rajin berolahraga, perbanyak makan buah dan sayur serta minimal enam bulan sekali rajin memeriksakan kesehatannya.

Olahraga, kata dia, bisa dilakukan dengan sederhana dan murah diantaranya dengan jalan kaki, berlari, serta bersepeda.

“Ini semua merupakan langkah promotif preventif (pencegahan). Karena kalau penanganannya kuratif (pengobatan) maka sebesar apapun anggarannya tidak akan cukup untuk membuat masyarakat sehat,” kata Gus Ipul. (Amal/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Wapres Minta Menag Revisi 200 Daftar Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin untuk merevisi daftar pendakwah yang direkomendasikan karena sebelumnya dikeluarkan Kemenag hanya...

Banyuwangi Masuk Kota Cerdas ASEAN

BANYUWANGI, SERUJI.CO.ID - Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bersama dengan Jakarta dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, masuk dalam jaringan Kota Cerdas ASEAN atau ASEAN Smart...

Korban Tewas Jatuhnya Pesawat di Kuba Jadi 111 Orang

HAVANA, SERUJI.CO.ID - Jumlah korban tewas pada salah satu bencana udara terburuk di Kuba meningkat menjadi 111 pada Senin (21/5), sementara Meksiko menangguhkan kegiatan...
ekonomi syariah

MUI Dukung 200 Daftar Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin mendukung langkah Kementerian Agama yang merilis daftar nama mubaligh karena sifatnya untuk pencegahan terhadap...
Siswa SMA/MAN

Jawa Timur Jalin Kerja Sama Pendidikan dengan Korsel

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Timur menjajaki kerja sama pendidikan dengan Korea Selatan setelah ada pertemuan kepala sekolah SMA/SMK se-Surabaya dengan sebuah konsultan...