Gubernur Jatim: Pancasila Harus Jadi Ideologi Bekerja dan Panduan Kehidupan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengingatkan Pancasila harus menjadi sebuah ideologi yang bekerja dan menjadi panduan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

“Misalnya jika disparitas kian melebar maka Pancasila sebagai ideologi yang bekerja dan menjadi panduan harus kembali mengupayakan keadilan,” ujarnya usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2017 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Ahad (1/10).

Ia juga menjelaskan bahwa sebagai upaya mengembalikan konsep keadilan bagi masyarakat dengan membantu pihak yang kecil dan memfasilitasi suku bunga murah bagi pihak menengah merupakan bentuk penerapan bagaimana keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia terwujud.

“Konsep ini jelas, yakni adil dulu baru makmur. Seperti dalam hal penguasaan tanah dan penguasaan asset. Dalam UUD sudah jelas, hal yang menjadi kepentingan umum diatur Pemerintah dalam pasal 33,” ucapnya.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, juga menggarisbawahi isu paling krusial tentang Pancasila saat ini, yaitu masalah dihadapi bangsa bukan kuat atau lemahnya Pancasila, tapi bagaimana mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Seperti dalam upaya mencapai keadilan harus dilakukan dengan pengambilan keputusan melalui musyawarah mufakat, mengamalkan nilai-nilai persatuan, serta pandangan yang lebih humanis,” ucapnya.

Pada kesempatan sama, Pakde Karwo juga mengajak masyarakat menarik pembelajaran dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang disebutnya sebagai proses sejarah menjadikan bagian bahwa pandangan hidup dan filsafat bangsa.

“Dan nilai-nilai Pancasila inilah yang harus diangkat dan dipertahankan oleh siapapun,” kata orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut. (Ant/SU02)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER