FKUB Jatim Gelar Pertemuan Pengurus Forkugama Jatim

1
61
Forkugama 2017
Ketua panitia, Nadjib Hamid (berbaju putih) tengah menyampaikan sambutannya dalam Pertemuan Pengurus Forkugama Jatim 2017 di Hotel Utami, Sabtu, 4/11/2017. (Foto: SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Dalam rangka mewujudkan masyarakat toleran dan saling menghormati keberagaman, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Pertemuan Pengurus Forum Komunikasi Generasi Muda Umat Beragama (FORKUGAMA) Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jawa Timur tahun 2017 dengan tema “Menjadi Generasi Muda Berwawasan Kebangsaan”.

Pertemuan tersebut dilaksanakan di Hotel Utami, Juanda, Sidoarjo, mulai tanggal 4 sampai 5 November 2017.

Ketua panitia Nadjib Hamid dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini dihadiri oleh generasi muda lintas agama, antara lain, Islam yang diwakili oleh Muhammadiyah dan Nadhatul Ulama, Kristen, Katholik, Hindu, Buddha, Khonghu Cu dengan total peserta 90 orang dari perwakilan daerah se-Jawa Timur.

“Acara yang digelar setiap setahun sekali ini kedepan akan digelar dua kali setahun dengan konsep camp di daerah Pacet,” kata Nadjib.

Nadjib Hamid yang juga Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, menjelaskan ada lima tujuan dari kegiatan tersebut. Pertama, mewujudkan kerukunan umat beragama melalui peran pemuda.

Tujuan kedua, membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda. Kemudian ketiga, mengembangkan wawasan multikultural bagi pemuda.

“Keempat, menumbuhkan semangat kebersamaan dan cinta tanah air, dan terakhir kelima, menyatukan visi perjuangan generasi muda Jawa Timur terhadap kerukunan umat beragama,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Ketua FKUB Jawa Timur KH. Hamid Syarif menekankan agar para pemuda umat beragama di Jawa Timur memiliki penghayatan dan pendalaman agama yang di anut. Kemudian memiliki kesadaran bertoleransi, dan kesadaran cinta tanah air.

“Selanjutnya memahami kemandirian ekonomi. Penyiapan regenerasi untuk masa yang akan mendatang. Dan terakhir belajar dan mendalami faham agama agama yang ada di Indonesia agar saling menghormati, menghargai dalam bingkai UUD 1945 dan Ideologi Pancasila,” ujar Hamid Syarif. (SU02)

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Peringati Hari Kartini, Gus Ipul Persembahkan Puisi untuk Perempuan Jawa Timur

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) tak lupa menyampaikan semangat Kartini pada peringatan hari Kartini, Sabtu...

Polda Babel Ringkus Tiga Pelaku Penyalahgunaan Narkoba

PANGKALPINANG, SERUJI.CO.ID - Tim Cobra Direktorat Reserse Narkoba Polda Kepulauan Bangka Belitung meringkus tiga pelaku penyalahgunaan narkoba yang beroperasi di wilayah itu. "Tiga pelaku masing-masing...

Korban Tewas Terlihat Berpesta Dua Malam

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Tiga korban yang pada Ahad (22/4), meninggal dunia di Surabaya terlihat menggelar pesta minuman keras selama dua malam sebelum kematiannya, kata...

Oknum BNN Langsa Ditangkap Terkait Sabu-Sabu

LANGSA, SERUJI.CO.ID - Dua oknum polisi yang bertugas di Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Langsa, Propinsi Aceh ditangkap personel Provos Polres setempat, atas dugaan...
Korban tewas miras

Polisi Temukan 2 Botol Yang Diduga Milik Korban Tewas Miras Oplosan

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Polisi dari Polsek Tambaksari menemukan dua botol kemasan plastik yang didua sebelumnya berisi minuman keras (miras) oplosan yang menewaskan tiga korban...