DPRD Surabaya Minta Masjid As-Sakinah Segera Dibangun

0
65
Masjid As-Sakinah Surabaya
Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji menunjukkan gambar masjid As Sakinah. (Foto: @YArbaiyah )

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – DPRD Kota Surabaya meminta pembangunan masjid As-Sakinah di kawasan komplek Balai Pemuda yang selama ini berpolemik segera dibangun menyusul sudah adanya dukungan dari Majelis Ulama Indonesia, Nahdatul Ulama dan Muhamamdiyah.

Ketua DPRD Surabaya Armuji di Surabaya, Kamis (14/12) mengatakan pihaknya menyambut baik adanya dukungan dari para alim ulama di Surabaya terkait pembangunan Masjid As-Sakinah.

“Kami berharap pembangunan masjid bisa diselesaikan secepatnya. Semakin cepat dibangun dan selesai akan semakin baik,” katanya.

Armuji mengatakan Masjid As-Sakinah yang satu komplek dengan Balai Pemuda dan gedung DPRD Surabaya ini lokasinya sangat strategis karena berada di tengah kota, sehingga mudah dijangkau dan dekat dengan pusat perkantoran dan sekolah.

Menurut dia, karena letak masjid yang strategis, setiap hari selalu ramai saat masuk waktu shalat, termasuk untuk shalat Jumat.

“Kami dukung sepenuhnya agar masjid itu segera terwujud sehingga bisa digunakan untuk ibadah,” ujarnya.

Masjid As-Sakinah selama ini sering dipakai anggota DPRD Surabaya untuk beribadah. Apalagi, lokasi masjid tidak jauh dengan ruangan para wakil rakyat Surabaya.

“Selain kami, banyak masyarakat sekitar yang menggunakan masjid ini, sehingga sangat baik kalau desain baru masjid nantinya bisa menampung jamaah lebih banyak lagi,” ujarnya.

Legislator empat periode ini menambahkan sekarang sedang dilakukan finishing perubahan desain beberapa bagian masjid untuk mengakomodasi aspirasi masyarakat dan ulama.

Hal ini dilakukan setelah Pemkot Surabaya bertemu dan mendengarkan masukan dari para alim ulama terkait pembangunan Masjid As-Sakinah.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Tata Ruang Kota Surabaya Ery Cahyadi menyampaikan dalam proses pembangunan Masjid As-Sakinah, pemkot mendengar masukan dari para alim ulama, MUI, NU dan Muhammadiyah.

Ery menyampaikan Masjid As-Sakinah akan dibangun lebih besar. Dia menyebut luasan bangunannya 15×24 meter dan anggarannya jadi satu dengan pembangunan gedung dewan.

“Pembangunan masjid baru ini ditargetkan selesai Desember 2018,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum MUI Jatim Ainul Yaqin mengatakan pihaknya mendukung rencana Pemkot Surabaya untuk membangun masjid di tempat awal dengan lebih baik dan lebih luas sehingga bisa menampung lebih banyak jamaah.

Menurutnya, yang terpenting adalah wujud masjid kelihatan lebih baik dan tidak bercampur dengan gedung lain.

“Yang direncanakan pemkot sudah sesuai dengan yang dikehendaki syariat. Bangunan masjid adalah tanah wakaf yang tidak boleh ditukarfungsikan untuk yang lain. Kami sangat mendukung, dengan harapan masjid dibangun lebih baik dan lebih luas,” katanya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Deddy Mizwar

Sempat Menolak, Deddy Mizwar Dipastikan Hadir di Debat Publik Ketiga

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 4 Deddy Mizwar (Demiz) dipastikan hadir setelah sempat menolak menghadiri Debat Publik Ketiga Jawa Barat...

Kunjungi Anak-Anak Imigran, Melania Trump Justru Tuai Kecaman

TEXAS, SERUJI.CO.ID -  Kunjungan Ibu Negara Melania Trump pada Kamis (21/6) ke penampungan anak-anak pendatang, yang terpisah dari orangtua mereka di Texas, dibayangi jaketnya, yang...

Tinggalkan Everton, Ramiro Mori Gabung Villarreal

MADRID, SERUJI.CO.ID - Klub liga Spanyol Villarreal rekrut bek Ramiro Funes Mori dari Everton lewat kontrak empat tahun, demikian dikatakan klub asal Spanyol itu. Bek asal...

Sempat Dibatalkan, Akhirnya Laga Persebaya vs Persija Akan Digelar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Operator Liga 1 2018 PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan lanjutan laga kandang yang tertunda Persija Jakarta menghadapi Persebaya Surabaya dan Persib...

KPK Perpanjang Penahanan Bupati Purbalingga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan tersangka Bupati Purbalingga dalam tindak pidana korupsi suap terkait pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten...