Ditemui Gus Ipul, Unjuk Rasa Ribuan Buruh Akhirnya Bubar

0
68
Saifullah Yusuf
Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf saat menemui ribuan buruh di depan kantor Gubernur Jatim. (Foto: Amal/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Unjuk rasa ribuan buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal (FSPMI) di kantor Gubernur Jawa Timur akhirnya baru membubarkan diri setelah mereka ditemui Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Senin (20/11) petang.

“Saya sudah berkomitmen dengan Pak Gubernur jika unjuk rasa apapun pasti kami terima. Jadi meski malam saya langsung merapat ke sini untuk menemui kawan-kawan buruh semua,” kata Gus Ipul, sapaan akrabnya di Surabaya.

Mengenakan baju koko warna putih, Gus Ipul tiba di kantor gubernur dan langsung naik ke mobil komando polisi untuk memberikan orasi.

Loading...

“Pemerintah provinsi pasti akan bersama buruh sehingga hak-hak buruh bisa terpenuhi,” ujar Gus Ipul.

Sementara itu dalam kesempatan ini, Koordinator Aksi, Jazuli mengatakan bahwa kedatangannya kali ini untuk mendesak Pemerintah agar merevisi Pergub 75/2017 tentang UMK yang telah ditetapkan Gubernur Jawa Timur pada Jumat kemarin.

“Saat ini ada kesenjangan yang luas. Antara daerah ring satu dan daerah di pinggiran jarak UMK sampai Rp2 juta,” kata Jazuli.

Menurut Jazuli, Pemerintah harusnya tidak sebatas menggunakan patokan pasal 44 PP 78, melainkan harusnya juga menggunakan pasal 63 sehingga survei KHL tetap diperlukan.

Menanggapi hal ini, Gus Ipul menjanjikan akan membicarakan hal ini dengan Gubernur dan Dewan Pengupahan.

“Kami akan membicarakan lagi sehingga UMK tak sampai merugikan buruh,” kata dia.

Sementara itu, usai ditemui Gus Ipul, Ribuan buruh akhirnya membubarkan diri dan pulang kembali ke rumah mereka masing-masing. (Amal/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU