DAOP 7 Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Senin

KEDIRI, SERUJI.CO.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun, Jawa Timur, memperkirakan puncak kenaikan penumpang kereta api untuk angkutan Natal 2017 dan tahun baru 2018 di Stasiun Kediri terjadi pada Senin (1/1) malam.

“Kami perkirakan puncak arus penumpang, pada Senin malam ini. Ini karena besok rata-rata sekolah masuk, orang-orang juga bekerja,” kata Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Supriyanto saat dihubungi di Kediri, Senin (1/1).

Ia mengatakan kenaikan jumlah penumpang yang terpantau saat perayaan Natal 2017 dan tahun baru 2018 naik siginifikan. Sejak 22 Desember 2017, jumlah penumpang baik yang naik serta turun cukup banyak yaitu bertambah sekitar dua ribu penumpang.

Pada 30 Desember misalnya, jumlah penumpang yang naik dari Stasiun Kediri hingga 2.342 orang dan yang turun 2.355 orang.

Pada 31 Desember 2017, jumlah penumpang yang naik adalah 1.869 orang dan yang turun 2.063 orang. Saat puncak kenaikan penumpang di Stasiun Kediri, diperkirakan juga lebih dari dua ribu penumpang.

Padahal di hari biasa, jumlah penumpang untuk kereta api lokal jurusan Kediri-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kediri hanya sekitar 200-300 penumpang.

Jumlah itu bisa meningkat drastis saat libur akhir pekan. Sementara saat akhir pekan yaitu Jumat, Sabtu, Ahad, jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Kediri bisa mencapai 700 orang perhari.

Ia juga mengungkapkan secara kumulatif penumpang yang naik di Daop 7 Madiun sampai 31 Desember 2017 adalah 152.036 penumpang atau ada kenaikan bila dibandingkan dengan 2016 yang sebanyak 137.249 penumpang atau sekitar 111 persen.

Untuk angkutan Natal 2017 dan tahun baru 2018 di Daop 7 Madiun, ditargetkan hingga 227.259 penumpang. Hingga 31 Desember 2017, jumlah itu sudah terealisasi 152.036 penumpang atau 67 persen. Namun ditargetkan hingga masa angkutan pada 7 Januari 2018 bisa tercapai.

“Nanti angkutan Natal 2017 dan tahun baru 2018 itu hingga 7 Januari 2018 dan kami optimistis itu bisa tercapai. Perhari rata-rata jumlah penumpang di atas program, dan pantauan dari kereta api yang ekonomi sampai tanggal 14 Januari, rata rata penuh semua. Itu tiket kereta jarak jauh,” katanya.

Ia juga menambahkan PT KAI Daop 7 Madiun juga sudah menambah dua perjalanan kereta api. Angkutan tambahan itu juga beroperasi hingga 7 Januari 2018, untuk keperluan transportasi masyarakat selama libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Lebih lanjut, ia menambahkan selama angkutan Natal 2017 dan tahun baru 2018, di wilayah Daop 7 Madiun juga terpantau lancar dan terkendali. Petugas juga berjaga hingga 24 jam secara bergantian.

“Meskipun ada tambahan penumpang terutama saat libur Natal 2017 dan tahun baru, rata-rata lancar. Semua penumpang terangkut, untuk yang penumpang ketinggalan juga minim. Sedangkan, dari sisi keamanan, tidak ada laporan terkait kehilangan barang atau penipuan,” ujar Supriyanto. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Islam Mementingkan Sasaran, Bukan Sarana

Karena itu, term NKRI Bersyariah, itu sejatinya bid’ah; tidak ada presedennya dalam sejarah Islam alias mengada-ada. Sesuatu yang bid’ah semestinya dijauhi oleh para pengikut Rasulullah Saw. Apalagi jika istilah ini diniatkan untuk hajat politik yang pragmatis.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER