BPS: Akurasi Data Ditentukan oleh Peran Responden

0
260
  • 58
    Shares
Dialog Interaktif Hari Statistik Nasional 2017, bertempat di lobby BPS Prov. Jawa Timur. Narasumber: Teguh Pramono (tengah), Ahmad Munir (kanan), Selasa 26/9/2017. (foto:Dyah Sujiati/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Dalam rangkaian Hari Statistik Nasional (HSN) 2017, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur menggelar seminar Ekspose Data BPS dengan tema “Kerja Bersama dengan Data”, di Surabaya, Senin (25/9).

Acara yang digelar di aula lantai tiga Gedung BPS Provinsi Jatim tersebut dihadiri oleh wartawan baik dari media cetak, elektronik, maupun online, juga dihadiri perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) selaku konsumen data.

Dalam seminar tersebut dipaparkan mengenai produk-produk yang dihasilkan oleh BPS, sehingga konsumen data semakin mengetahui bagaimana pemanfaatan data statistik.

Kemudian pada Selasa (26/9), masih dalam rangkaian memperingati HSN 2017, BPS Jatim bekerja sama dengan RRI pro 2 Jawa Timur menggelar talkshow dengan tema yang sama. Narasumber dalam acara tersebut, Kepala BPS Jatim Teguh Pramono, dan ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur Ahmad Munir.

Respon masyarakat selaku konsumen data beragam dari yang percaya hingga yang meragukan. Terdapat sebagian masyarakat awam yang mempertanyakan fungsi BPS karena tidak merasakan manfaat secara langsung pendataan yang dilakukan oleh BPS.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, BPS adalah lembaga yang bertugas menyediakan data statistik dasar. Yaitu data statistik yang sifatnya lintas sektoral yang pada umumnya coverage-nya nasional atau regional yang agak besar.

Langganan berita lewat Telegram
loading...
1
2
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU