BPS: Akurasi Data Ditentukan oleh Peran Responden

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Dalam rangkaian Hari Statistik Nasional (HSN) 2017, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur menggelar seminar Ekspose Data BPS dengan tema “Kerja Bersama dengan Data”, di Surabaya, Senin (25/9).

Acara yang digelar di aula lantai tiga Gedung BPS Provinsi Jatim tersebut dihadiri oleh wartawan baik dari media cetak, elektronik, maupun online, juga dihadiri perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) selaku konsumen data.

Dalam seminar tersebut dipaparkan mengenai produk-produk yang dihasilkan oleh BPS, sehingga konsumen data semakin mengetahui bagaimana pemanfaatan data statistik.

Kemudian pada Selasa (26/9), masih dalam rangkaian memperingati HSN 2017, BPS Jatim bekerja sama dengan RRI pro 2 Jawa Timur menggelar talkshow dengan tema yang sama. Narasumber dalam acara tersebut, Kepala BPS Jatim Teguh Pramono, dan ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur Ahmad Munir.

Respon masyarakat selaku konsumen data beragam dari yang percaya hingga yang meragukan. Terdapat sebagian masyarakat awam yang mempertanyakan fungsi BPS karena tidak merasakan manfaat secara langsung pendataan yang dilakukan oleh BPS.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, BPS adalah lembaga yang bertugas menyediakan data statistik dasar. Yaitu data statistik yang sifatnya lintas sektoral yang pada umumnya coverage-nya nasional atau regional yang agak besar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

BUMN, Pseudo CEO, dan Efek Negatifnya

vonis hakim menunjukkan bahwa sejatinya Karen bukan direktur sesungguhnya. Bukan direktur utama yang sesungguhnya. Bukan CEO. Karen hanyalah seorang direktur semu. Seorang direktur-direkturan.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER