Atasi Bencana Pacitan, Pemprov Jatim Kirim Tim URC

0
68
Gubernur Jatim Soekarwo
Gubernur Jatim Soekarwo dalam pelantikan Pengurus DPC Demokrat Surabaya, Selasa (28/11/2017) (Foto: Setya/SERUJI).

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengirimkan tim Unit Reaksi Cepat (URC) untuk membantu korban banjir di Pacitan.

“Untuk banjir Pacitan kabarnya ada 6 orang meninggal dunia. Sekarang ini sudah kami kirim tim URC. Namun terganjal terjebak longsor di daerah Slahung,” kata Gubernur Jatim Soekarwo saat ditemui di sela-sela pelantikan Pengurus DPC Demokrat Surabaya, Selasa (28/11).

Pria yang akrab dipanggil Pakde Karwo ini mengatakan pihaknya juga telah mengerahkan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) yang dimiliki kabupaten/kota yang terdekat dengan Pacitan.

“Sudah dikirim semua namun terjebak longsor di Slahung. Menunggu dua jam dibuka longsornya dengan peralatan eskafator,” terangnya.

Untuk banjir Pacitan, kata dia, pihaknya memprioritaskan untuk evakuasi warga.

“Kami kerahkan tambahan perahu karet untuk evakuasi warga,”jelasnya.

Diketahui, siklon tropis (badai) Cempaka yang berada di perairan sekitar 32 Km selatan-tenggara Pacitan, Jawa Timur mengakibatkan bencana banjir, longsor dan puting beliung dan gelombang tinggi di Jawa dan Bali. ‎Sedikitnya, 21 kabupaten/kota di Pulau Jawa Bali terdampak badai ini.

Data sementara yang dihimpun Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bencana tersebut terjadi Kabupaten Situbondo, Sidoarjo, Pacitan, Wonogiri, Ponorogo, Serang, Sukabumi, Purworejo, Tulungagung, Semarang, Klaten, Malang, Wonosobo, Klungkung, Kota Yogyakarta, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Bantul, Kudus, dan Sukoharjo.

Daerah Pacitan yang paling dekat dengan siklon tropis Cempaka terjadi hujan lebat sehingga menimbulkan banjir dan longsor pada Selasa (28/11) dini hari.

Banjir meluas terjadi 13 desa di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Pacitan (Desa Sirnoboyo, Desa Sukoharjo, Desa Kayen, desa kembang, Desa Ploso, Desa Arjowinangun, Desa Sidoharjo), Kecamatan Kebon Agung (Desa Purworejo,  Desa Banjarjo, Desa Kebon Agung), dan Kecamatan Arjosari (Desa Pagutan, Desa Jatimalang, Desa Arjosari). Jalan lintas selatan lumpuh total. (Setya/SU02)

Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama