Antisipasi Hujan, Tanggul Lumpur Lapindo Ditinggikan

0
69
lapindo
Salah satu tanggul lumpur Lapindo yang jebol. (Foto: Istimewa)

SIDOARJO, SERUJI.CO.ID – Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS), Jatim terus melakukan peninggian tanggul penahan lumpur Lapindo sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi melubernya luapan lumpur dari dalam kolam penampungan terutama saat musim hujan.

Humas PPLS, Hengky Listria Adi, Kamis (5/10) mengatakan, peninggian tersebut dilakukan di beberapa titik yang dianggap masih berpotensi terjadinya luberan lumpur dari dalam kolam penampungan.

“Tanggul yang ditinggikan itu dari delapan meter menjadi sebelas sampai dengan dua belas meter tergantung dari lokasi tanggul tersebut,” katanya.

Ia mengatakan, peninggian tanggul penahanan lumpur Lapindo dilakukan pada titik 67, 68, 81, 83 dan berakhir hingga di titik 42 di Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Sidoarjo.

Selain melakukan peninggian tanggul penahan lumpur, kata Hengky, pihaknya juga melakukan langkah lain untuk mengurangi beban yang ada di dalam kolam penampungan dengan melakukan pengaliran lumpur ke Kali Porong.

“Kami saat ini masih mengerahkan kapal keruk yang digunakan untuk mengalirkan lumpur dari dalam kolam penampungan ke Kali Porong. Lokasi kapal keruk itu berada di P25 dan juga berada di P43,” katanya.

Ia mengatakan, apa yang sudah dilakukan ini diharapkan bisa mengurangi terjadinya luberan lumpur yang ke luar dari dalam pusat semburan Lumpur Lapindo.

“Kami masih terus melakukan pemantauan kondisi lumpur ini supaya bisa segera dilakukan penanganan kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Disinggung apakah ada pengaruh terkait dengan kondisi lumpur Lapindo dengan peristiwa Gunung Agung, Bali, dirinya mengatakan kalau kondisi itu tidak berpengaruh.

“Sejauh pengamatan kami, belum ada pengaruhnya terkait dengan peristiwa yang terjadi di Gunung Agung Bali tersebut,” ujarnya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polisi Riau Amankan 723 Botol Bir Berbagai Merek

KUANTAN SINGINGI, SERUJI.CO.ID - Tim Polres Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau mengamankan sebanyak 723 botol bir berbagai merek dari sebuah toko di kawasan Sungai...

Disambut Antusias Mahasiswa Indonesia, Anies Minta Didoakan Tetap Istiqomah

ISTAMBUL, SERUJI.CO.ID - Dalam kunjungan kerjanya ke Turki, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan masyarakat dan mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di...

TNI Kembali Evakuasi Tiga Guru dari Aroanop Mimika

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - TNI AD yang tergabung dalam Satuan Tugas Terpadu Penanganan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) kembali mengevakuasi sebanyak 13 guru SD dari...
Tri Rismaharini

Risma Minta Dinsos Cek Kesehatan Keluarga Korban HIV

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta dinas sosial setempat mengecek kondisi keluarga atau tiga orang anak yang hidup sebatang kara karena...

Awali Kunjungan ke Turki, Anies Baswedan Sholat Jumat Bersama Erdogan

ISTAMBUL, SERUJI.CO.ID - Mengawali kunjungan kerja ke Turki, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan saat menunaikan salat Jumat...