Antisipasi Hujan, Tanggul Lumpur Lapindo Ditinggikan

0
109
lapindo
Salah satu tanggul lumpur Lapindo yang jebol. (Foto: Istimewa)

SIDOARJO, SERUJI.CO.ID – Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS), Jatim terus melakukan peninggian tanggul penahan lumpur Lapindo sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi melubernya luapan lumpur dari dalam kolam penampungan terutama saat musim hujan.

Humas PPLS, Hengky Listria Adi, Kamis (5/10) mengatakan, peninggian tersebut dilakukan di beberapa titik yang dianggap masih berpotensi terjadinya luberan lumpur dari dalam kolam penampungan.

“Tanggul yang ditinggikan itu dari delapan meter menjadi sebelas sampai dengan dua belas meter tergantung dari lokasi tanggul tersebut,” katanya.

Ia mengatakan, peninggian tanggul penahanan lumpur Lapindo dilakukan pada titik 67, 68, 81, 83 dan berakhir hingga di titik 42 di Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Sidoarjo.

Selain melakukan peninggian tanggul penahan lumpur, kata Hengky, pihaknya juga melakukan langkah lain untuk mengurangi beban yang ada di dalam kolam penampungan dengan melakukan pengaliran lumpur ke Kali Porong.

“Kami saat ini masih mengerahkan kapal keruk yang digunakan untuk mengalirkan lumpur dari dalam kolam penampungan ke Kali Porong. Lokasi kapal keruk itu berada di P25 dan juga berada di P43,” katanya.

Ia mengatakan, apa yang sudah dilakukan ini diharapkan bisa mengurangi terjadinya luberan lumpur yang ke luar dari dalam pusat semburan Lumpur Lapindo.

“Kami masih terus melakukan pemantauan kondisi lumpur ini supaya bisa segera dilakukan penanganan kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Disinggung apakah ada pengaruh terkait dengan kondisi lumpur Lapindo dengan peristiwa Gunung Agung, Bali, dirinya mengatakan kalau kondisi itu tidak berpengaruh.

“Sejauh pengamatan kami, belum ada pengaruhnya terkait dengan peristiwa yang terjadi di Gunung Agung Bali tersebut,” ujarnya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
KPU

KPU: Verifikasi Caleg Akan Diselesaikan Hari Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia menyatakan bakal menyelesaikan verifikasi administrasi calon anggota Legislatif (Caleg) DPR RI pada Sabtu (21/7) malam hari...

Gempa Sumbar Sebabkan 12 Rumah Rusak

AROSUKA, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, Sumatera Barat mencatat sebanyak 12 rumah mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan 5,5 Skala...
Gempa

Solok dan Dharmasraya Juga Rasakan Gempa Padang

PADANG, SERUJI.CO.ID - Gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter yang menguncang kota Padang, Sumatera Barat pada Sabtu (21/7) pukul 14.58 WIB juga dirasakan di Solok...

Masyarakat Berlarian ke Luar Rumah Saat Terjadi Gempa di Padang

PADANG, SERUJI.CO.ID- Gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) kembali menguncang kota Padang, Sumatera Barat pada Sabtu (21/7) pukul 14.58 WIB setelah sebelumnya kota itu...
gempa

Gempa Sumbar Tewaskan Satu Orang

PADANG, SERUJI.CO.ID - Seorang warga Lubuk Silasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, bernama Bustami (63) meninggal dunia akibat tertimpa bangunan rumahnya...