Yogyakarta Siapkan Naskah Akademik Raperda Pajak Online

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID –┬áPemerintah Kota Yogyakarta mulai menyiapkan penyusunan naskah akademik sebagai dasar pengajuan rancangan peraturan daerah mengenai pembayaran pajak secara online.

“Kami dalam proses persiapan penyusunan naskah akademik yang diharapkan bisa diselesaikan 2018. Setelah itu diajukan untuk dibahas sebagai rancangan peraturan daerah pada tahun yang sama,” kata Kepala Bidang Pembukuan dan Penagihan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta Santosa, Senin (18/12).

Menurut dia, pelaksanaan pembayaran pajak daerah secara online harus memiliki payung hukum yang kuat berupa peraturan daerah sehingga bisa memaksa wajib pajak untuk mengikuti aturan yang berlaku.

Ia berharap, proses pembahasan rancangan peraturan daerah menjadi peraturan daerah pembayaran pajak secara online dapat berjalan lancar sehingga Kota Yogyakarta bisa segera merealisasikan rencana pembayaran pajak secara online.


“Harapan kami, pembayaran pajak secara online sudah bisa dilakukan 2018 atau paling lambat 2019. Semuanya tergantung pada kelancaran pembahasan raperda di dewan,” katanya.

Meskipun demikian, lanjut Santosa, dari 10 jenis pajak daerah yang ada di Kota Yogyakarta, belum semuanya akan mengadopsi pembayaran pajak secara online.

“Kami akan prioritaskan pajak yang penghitungannya mengacu pada ‘self assessment’ terlebih dulu. Ada empat jenis pajak yaitu pajak hotel, restoran, parkir dan hiburan,” katanya.

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Yogyakarta juga sudah menerapkan pengisian formulir surat pemberitahuan pajak daerah secara elektronik untuk keempat jenis pajak daerah tersebut per Desember.

Sebelumnya, BPKAD Kota Yogyakarta sudah menerapkan pembayaran pajak secara elektronik untuk wajib pajak hotel dan restoran namun belum berjalan baik dan baru diterapkan untuk beberapa wajib pajak saja.

Selain memudahkan wajib pajak untuk membayarkan pajak, sistem pembayaran pajak secara online juga diharapkan dapat menekan potensi terjadinya pungutan liar karena wajib pajak dan petugas pemungut pajak tidak bertemu secara langsung.

Sebelumnya, Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta Nasrul Khoiri mendorong pemerintah daerah setempat untuk segera melakukan perbaikan sistem pembayaran pajak dengan pembayaran pajak secara online.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan pemungutan pajak. Bisa dilakukan untuk pajak hotel dan restoran, serta beberapa pajak lain seperti hiburan,” katanya. (Ant/SU01)

KONSULTASI

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?
Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Baca Juga

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?

Jokowi, Propaganda Rusia dan Rand Corporation

Penggunaan istilah Propaganda Rusia ini menjadi masalah besar sebab dalam kapasitas apa Jokowi menyatakan hal tersebut? Apakah sebagai Presiden Republik Indonesia atau sebatas calon presiden (Capres)?

Dampak Tiket Mahal, Bandara Soetta pun Sepi dan Pedagang Mulai Was-Was

Harga tiket melambung, Bandara Soekarno Hatta pun sepi. Pedagang was was...

Bertemu dengan Sandiaga, Inilah Harapan dan Curhat Peternak Sapi di Pasuruan

Berharap Sandi jadi Wapres, peternak sapi pasuruan curhat persoalannya.

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI

Inilah Lokasi Coto Terenak di Kota Makassar

Lokasi coto terenak di Kota Makassar... catat jika anda berkunjung ke Kota Daeng ini.

Melancong ke Kota Daeng, Jangan Lupa Coto Makassar

Jalan-jalan ke Makassar belum lengkap jika belum cicipi keenakan coto Makassar. Catat inilah lokasinya.

Pengamat Nilai Panggung Debat Kedua Milik Jokowi, Begini Alasannya

Pengamat menilai panggung debat kedua milik Jokowi. Benarkah?

Bertemu dengan Sandiaga, Inilah Harapan dan Curhat Peternak Sapi di Pasuruan

Berharap Sandi jadi Wapres, peternak sapi pasuruan curhat persoalannya.

Pengamat Nilai Panggung Debat Kedua Milik Jokowi, Begini Alasannya

Pengamat menilai panggung debat kedua milik Jokowi. Benarkah?

Dua Relawan Jokowi-KH Ma’ruf Jadi Korban Ledakan Nobar Debat

TKN Jokowi-Ma'ruf menjenguk dua korban ledakan yang terjadi di area debat calon presiden (capres) yang dirawat di RSAL Dr. Mintohardjo.

Jokowi Klaim Dalam 4,5 Tahun Tak Ada Konflik Pembebasan Lahan, Tapi Data Berkata Sebaliknya

Jokowi klaim sudah tidak ada konflik terkait pembebasan lahan dalam proyek infrastruktur. Namun data yang ditemukan SERUJI berbeda...

TERPOPULER