Warga Lereng Merapi Sudah Pulang Kembali

SLEMAN, SERUJI.CO.ID – Warga lereng Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang sempat berlari menyelamatkan diri ke titik kumpul setelah terjadi erupsi Merapi pada Jumat (1/6) pukul 08.20 WIB saat ini telah pulang kembali ke rumah masing-masing.

“Tidak ada warga yang mengungsi, semua sudah pulang ke rumah masing-masing,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan, Jumat (1/6) siang.

Menurut dia, saat terjadi letusan dan terasa getaran, puluhan warga terutama di KRB III Desa Glagaharjo, Cangkringan memang sempat menuju ke titik kumpul dan barak pengungsian di Balai Desa Glagaharjo.

“Namun saat ini mereka sudah pulang dan kembali beraktivitas. Namun mereka tetap meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan bila Merapi kembali meningkat aktivitasnya,” katanya.


Ia mengatakan, seluruh wilayah di lereng Merapi baik itu di Kecamatan Cangkringan, Pakem, Turi dan Kecamatan Tempel tidak ada yang mengungsi.

“Jarak tempat tinggal mereka dengan puncak Merapi rata-rata lebih dari lima kilometer, sedang radius yang harus dikosongkan tiga kilometer dari puncak Merapi,” katanya.

Sementara itu Ny Amik (48) warga Sidorejo, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman mengatakan dirinya sempat berlari ke selatan untuk menyelamatkan diri saat Merapi erupsi freatik pagi tadi.

BACA JUGA:  Tingkatkan Pelayanan Transportasi, Trans Semarang Gandeng Grab

“Saya sedang berjualan di sekitar wisata Kali Kuning sambil mendengarkan musik, tiba-tiba terdengar suara gemuruh dan semua pembeli berlari ke luar dari warung,” katanya.

Ia mengatakan, sejumlah warga kemudian berlari ke selatan karena khawatir letusan Merapi besar dan sampai daerah di sini.

“Kami masih trauma dengan erupsi Merapi 2010 yang letusannya sampai di daerah sini, sehingga begitu mendengar suara gemuruh yang cukup keras, kami semua langsung berlari ke selatan,” katanya.

Menurut dia, saat ini kondisi sudah normal kembali dan warga mulai beraktivitas seperti biasanya.

“Wisatawan juga banyak yang datang, kondisi sudah kembali normal,” katanya.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Badan Geologi, PVMBG Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi merilis telah terjadi erupsi Gunung Merapi, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah pada 1 Juni 2018 pukul 08:20 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 6.000 meter di atas puncak (8.968 meter di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 77 mm dan durasi  dua menit. (Ant/Su02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Islam Simbolik dan Islam Substantif: Problema Nilai Islamisitas dalam Politik Indonesia

Bagi saya, Habib Rizieq Shihab masih kurang radikal karena ia tidak memiliki ide original tentang negara nomokrasi Islam, yang menurut Thahir Azhary (1995) sebagai negara ideal atau negara siyasah diniyah dalam konsepsi Ibnu Khaldun (1849). Pengetahuannya tentang Kartosoewirjo yang pernah mendirikan Negara Islam Indonesia di Jawa Barat tahun 1949 juga sangat minim sehingga jika dipetakan, ia hanyalah tokoh pinggiran dalam proses revolusi Islam yang kini sedang berproses di Indonesia.

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Al Ghazali dan Dendam Anak-Anak Revolusi

Di masa Orde Baru adalah anak-anak yang bapak/ibunya dibunuh atau dipenjarakan Suharto. Di masa ini mereka adalah anak-anak yang bapaknya dipenjarakan Jokowi karena berbeda pandangan politik.

Enam Pilar Kemerdekaan Ekonomi Bangsa

Walaupun telah merdeka secara politik sejak tahun 1945, akan tetapi RI masih terus tergantung produk perusahaan-perusahaan asing hingga saat ini. Mulai dari bangun pagi ke bangun pagi berikutnya kita menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk perusahaan asing.

Terpilih Sebagai Ketua Kadin Surabaya, Ali Affandi: Tantangan ke Depan Sangat Komplek

Menurut putra pertama Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mattaliti ini, tantangan Surabaya kedepan sangat komplek. Terlebih JP Morgan mengatakan bahwa pada tahun 2020 akan terjadi krisis global. Untuk itu, katanya, Surabaya harus menguatkan diri dan membentengi para pengusaha agar tetap berdaya dan berjaya.

Tegaskan NasDem Tidak Minta-Minta Jatah Menteri, Paloh: Jika Diperlukan Boleh

"Kami tidak pernah minta-minta menteri, tergantung presiden saja; diperlukan NasBem boleh, tidak diperlukan juga tidak apa-apa," kata Paloh

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Kongres V PDIP: Dihadapan Pimpinan Parpol, Mega Isyaratkan Puan Harus Jadi Ketua DPR RI

Mega mengisyaratkan kursi Ketua DPR RI akan diduduki oleh putrinya yang kini menjabat Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Soal Impor Rektor, KSP: Yang Dimaksud Adalah Berkualifikasi Internasional Bukan Harus Asing

Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Yanuar Nugroho menjelaskan, wacana pemerintah tersebut sebenarnya berkaitan dengan kualifikasinya berskala internasional, bukan soal kewarganegaraannya.

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Dewan Pers Ingatkan Media untuk Terus Kawal Janji Politik Yang Dilontarkan Pada Pemilu 2019

Menjelang Pemilu 2019 media sibuk membahas tentang persoalan pemilu, namun setelah pemilu media seakan-akan diam.

Nilai Tidak Etis Parpol Pengusung Prabowo Gabung Pemerintah, Begini Kata Pakar Hukum Tata Negara

Saat Pilpres 2019 saling rebut kekuasaan, lantas saat kalah bergabung ke yang menang. Tidak Etis. Kata pakar HKTN ini.

Terbukti Langgar Kode Etik Saat Pemilu 2019, DKPP Copot Ketua KPU Sumut

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut), Yulhasni diberi peringatan keras dan dicopot dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi