Tingkatkan Potensi Desa, Warga Gunung Gambar Tanam 3 Ribu Robusta

0
65
  • 3
    Shares
Kopi robusta

GUNUNG KIDUL, SERUJI.CO.ID – Kelompok sadar wisata Gunung Gambar, Desa Kampung, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan penanaman kopi jenis robusta yang diharapkan mampu meningkatkan potensi di desa tersebut.

Kepala Desa Kampung Suparna, di Gunung Kidul, Kamis (15/2), mengatakan pihaknya menanam sekitar 3.000 batang bibit kopi yang berasal dari bantuan Ki-Myung Kim, warga negara Korea Selatan yang mendampingi Desa Kampung.

“Pada pertengahan Januari lalu, kami melakukan penanaman bibit kopi jenis robusta,” katanya.

Dia mengatakan penanaman ini bertujuan untuk menghijaukan kawasan Gunung Gambar, dan dilakukan oleh 68 kepala keluarga anggota pokdarwis dan masyarakat.

“Sebenarnya puluhan tahun lalu di Gunung Gambar ada tanaman kopi, tetapi tidak bisa menjual biji yang dihasilkan. Lalu ditebangi, padahal di sana bisa tumbuh subur, beberapa tanaman yang masih tersisa saja buahnya lebat,” katanya lagi.

Suparma mengatakan akan ada bantuan dari pemerintah kabupaten untuk menambah bibit, sehingga akan banyak tumbuhan kopi di Gunung Gambar. Selain itu, diharapkan tanaman kopi bisa mendukung pariwisata di Gunung Gambar.

“Kami sudah mengusulkan ke pemkab, informasinya akan diberikan bantuan 6.000 bibit lagi,” katanya pula.

Seksi Perlindungan Perkebunan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Gunung Kidul Subardi mengatakan, penanaman kopi di lahan Sultan Groud seluas 3 hektare ini diharapkan bisa memberikan semangat bagi warga. Pemkab berencana menambah jumlah bibit kopi di Gunung Gambar.

“Rencananya akan diusulkan pada alokasi 2019 mendatang. Pada 2018 ini sudah dialokasikan untuk pengembangan tanaman kakao di Gunung Kidul,” katanya lagi. (Ant/SU02)

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU