Tim Gabungan Sidak di Toko Modern Terkait Sarden Bercacing

MAGELANG, SERUJI.CO.ID – Tim gabungan Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah melakukan inspeksi secara mendadak di beberapa toko modern, baik berjejaring maupun tidak berjejaring terkait dengan penjualan produk olahan ikan dalam kemasan yang mengandung cacing.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Pemkot Magelang Sri Rejeki Tentamiarsih di sela kegiatan itu di Magelang, Senin (9/4), menyebut beberapa toko modern di kota itu menjadi sasaran inspeksi tim gabungan, antara lain Indomart, Alfamart, Superindo, Malta, dan Pasar Kebonpolo.

Pihaknya telah menerima surat edaran dari Badan Pengawas Obat dan Makanan terkait dengan peredaran produk olahan ikan makarel dalam kemasan yang mengandung cacing.

Ia menjelaskan berdasarkan surat edaran tersebut, terdapat 27 merek ikan dalam kemasan kaleng masuk daftar produk yang harus ditarik dari pasaran, karena pihak BPOM menemukan cacing dalam produk tersebut. Dari total 27 merek tersebut, 16 di antaranya produk impor dan 11 lokal.

Tim gabungan pemkot setempat dalam inspeksi tersebut, antara lain terdiri atas petugas Diskoperindag, Satuan Polisi Pamong Praja, kepolisian, DAN Dinas Kesehatan Pemkot Magelang.

Ia menyebut hasil inspeksi, petugas mengamankan sedikitnya 25 kaleng produk ikan makarel dengan tiga merek dari Toko Malta untuk selanjutnya dilaporkan ke BPOM.

Pihaknya juga meminta pemilik toko menarik produk-produk tersebut dari tempat penjualan dan mengembalikan kepada produsennya.

“Supaya tidak dijual lagi, sesuai arahan BPOM,” ujar dia.

Pemilik toko itu, Lidia, mengakui bahwa sebelumnya sudah menarik produk tersebut dari tempat memajang barang jualannya di toko tersebut.

“Sudah kami tarik sebelumnya dari rak, ternyata masih ada yang tertinggal, belum ditarik ke belakang,” katanya.

Ia mengaku tidak rugi terkait dengan penarikan sejumlah produk ikan dalam kemasan kaleng tersebut.

“Kalau kami tidak rugi, yang rugi pabriknya. Kami tinggal mengembalikan saja ke pabrik. Produk ikan makarel ini juga kurang begitu laku, masih kalah dengan ikan sarden,” katanya.  (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Bersyariah atau Ruang Publik Yang Manusiawi

Pertanyaannya mengapa hasil Islamicity Index berdasarkan arahan kitab suci Alquran hasilnya tak banyak beda dengan World Happiness Index. Pada dasarnya nilai terbaik dari agama Islam, sebagaimana agama lain, jika diuniversalkan, itu sama dengan aneka nilai manusiawi yang dirumuskan oleh peradaban mutakhir. Nilai yang Islami itu ternyata juga nilai yang manusiawi. Itulah ruang publik yang universal yang bisa dinikmati semua manusia, apapun agama dan keyakinannya.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.