Tim Gabungan Sidak di Toko Modern Terkait Sarden Bercacing

MAGELANG, SERUJI.CO.ID – Tim gabungan Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah melakukan inspeksi secara mendadak di beberapa toko modern, baik berjejaring maupun tidak berjejaring terkait dengan penjualan produk olahan ikan dalam kemasan yang mengandung cacing.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Pemkot Magelang Sri Rejeki Tentamiarsih di sela kegiatan itu di Magelang, Senin (9/4), menyebut beberapa toko modern di kota itu menjadi sasaran inspeksi tim gabungan, antara lain Indomart, Alfamart, Superindo, Malta, dan Pasar Kebonpolo.

Pihaknya telah menerima surat edaran dari Badan Pengawas Obat dan Makanan terkait dengan peredaran produk olahan ikan makarel dalam kemasan yang mengandung cacing.

Ia menjelaskan berdasarkan surat edaran tersebut, terdapat 27 merek ikan dalam kemasan kaleng masuk daftar produk yang harus ditarik dari pasaran, karena pihak BPOM menemukan cacing dalam produk tersebut. Dari total 27 merek tersebut, 16 di antaranya produk impor dan 11 lokal.

Tim gabungan pemkot setempat dalam inspeksi tersebut, antara lain terdiri atas petugas Diskoperindag, Satuan Polisi Pamong Praja, kepolisian, DAN Dinas Kesehatan Pemkot Magelang.

Ia menyebut hasil inspeksi, petugas mengamankan sedikitnya 25 kaleng produk ikan makarel dengan tiga merek dari Toko Malta untuk selanjutnya dilaporkan ke BPOM.

Pihaknya juga meminta pemilik toko menarik produk-produk tersebut dari tempat penjualan dan mengembalikan kepada produsennya.

“Supaya tidak dijual lagi, sesuai arahan BPOM,” ujar dia.

Pemilik toko itu, Lidia, mengakui bahwa sebelumnya sudah menarik produk tersebut dari tempat memajang barang jualannya di toko tersebut.

“Sudah kami tarik sebelumnya dari rak, ternyata masih ada yang tertinggal, belum ditarik ke belakang,” katanya.

Ia mengaku tidak rugi terkait dengan penarikan sejumlah produk ikan dalam kemasan kaleng tersebut.

“Kalau kami tidak rugi, yang rugi pabriknya. Kami tinggal mengembalikan saja ke pabrik. Produk ikan makarel ini juga kurang begitu laku, masih kalah dengan ikan sarden,” katanya.  (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

Konsisten Kemaruk Kekuasaan

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER