Status Waspada, Gunung Merapi Kembali Luncurkan Lava Pijar

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Terjadi guguran lava pijar di puncak Gunung Merapi, Kamis (10/1) sekitar pukul 18.38 WIB. Guguran lava pijar itu tergolong kecil.

“Guguran lava pijar yang terjadi petang tadi masih tergolong kecil,” ujar Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida saat dikonfirmasi, Kamis (10/1).

Hasik memastikan guguran lava pijar tersebut tidak membahayakan warga karena skalanya masih kecil.

“Mudah-mudahan aman. Sampai saat ini tidak ada perubahan signifikan dari aktivitasnya. Semua parameter belum menunjukkan aktivitas yang signifikan,” tuturnya.

Baca juga: Gunung Merapi Lontarkan Lava Pijar Sejauh 1,2 Kilometer

Menurut Hanik, guguran lava pijar di puncak Merapi adalah fenomena biasa. Lava pijar itu muncul karena adanya aktivitas pertumbuhan kubah lava di puncak Merapi.

“Karena memang masih ada suplai magma, masih ada ya akan begitu. Pertumbuhan kubah lava masih terjadi sehingga akan terjadi guguran-guguran seperti itu,” ujarnya.

Status Gunung Merapi sampai saat ini belum mengalami perubahan, masih berada di level II atau waspada. Rekomendasi yang dikeluarkan BPPTKG pun masih sama.

“Jarak aman sampai 3 kilometer, kalau ke atas ya bahaya,” pungkasnya. (SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Form Konsultasi Hukum SERUJI

Untuk berkonsultasi dengan para pakar pengasuh rubrik "Konsultasi Hukum SERUJI" (KHS) silahkan isi form ini selengkap mungkin dan dengan data yang benar. Seluruh data kami jamin terjaga kerahasiaannya.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....