Sleman Bangun “Smart Room” Untuk Bahas Konflik Sosial

0
61
Sri Purnomo
Bupati Sleman Sri Purnomo. (Foto: Istimewa)

SLEMAN, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta membangun “smart room” untuk pertemuan dan membahas berbagai konflik dan permasalahan sosial yang muncul.

“Penyelesaian konflik di Kabupaten Sleman salah satunya dengan melakukan pertemuan di ‘Smart Room’,” kata Bupati Sleman Sri Purnomo, Ahad (26/11).

Menurut dia, “Smart Room” merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki Kabupaten Sleman dalam menjalankan “Crisis Management” dengan dilengkapi infrastruktur yang diperlukan.

“Dimana jajaran tinggi pemerintah kabupaten/kota bersama-sama dengan tim untuk melakukan pertemuan, mengambil keputusan, menugaskan, mengkoordinasi, memonitor dan mengontrol seluruh tindakan yang diperlukan sebagai respon terhadap krisis atau permasalahan yang dihadapi,” katanya.

Ia mengatakan, respon ini meliputi tindakan tanggap darurat, rencana aksi untuk perbaikan dan pemulihan, langkah pengadaan, dan langkah penyediaan informasi publik.

“Ruang ‘Smart Room’ Kabupaten Sleman dioptimalisasikan sebagai ruang monitoring kondisi kewilayahan Kabupaten Sleman, ruang monitoring penerapan sistem informasi, ruang koordinasi pengendalian pembangunan, dan ruang koordinasi OPD,” katanya.

Sri Purnomo mengatakan, selain itu ruang ini menangani aduan dan keluhan masyarakat, ruang pembelajaran teknologi informasi, ruang media center pada saat kedaruratan, serta raung “video conference” antara jajaran Pemkab Sleman dengan masyarakat.

“Diharapkan dengan adanya ‘smart room’ ini penangangan konflik dan permasalahan sosial dapat dilakukan dengan cepat dan tepat,” katanya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Meski Dikalahkan Uruguay, Pelatih: Arab Saudi Tampil Lebih Baik

RUSIA, SERUJI.CO.ID - Arab Saudi akan tersingkir dari Piala Dunia setelah kalah 1-0 dari Uruguay, tetapi pelatih Juan Antonio Pizzi mengatakan timnya telah memulihkan martabat...

Putin Apresiasi Penampilan Timnas Rusia di Piala Dunia

MOSKOW, SERUJI.CO.ID -  Tim tuan rumah memastikan melaju ke babak sistem gugur untuk pertama kalinya sejak keruntuhan Uni Soviet, Piala Dunia Rusia akan lebih baik...
Neymar

Pulih dari Cedera, Neymar Kembali Latihan

SOCHI, SERUJI.CO.ID - Pemain depan Brazil Neymar kembali berlatih normal pada Rabu (20/6) waktu setempat, sehari setelah istirahat di sesi latihan Selasa (19/6) karena merasa...

Ini Tanggapan Pelatih Peru Terkait Teknologi VAR di Piala Dunia

RUSIA, SERUJI.CO.ID -  Pelatih Peru Ricardo Gareca mengatakan pada Rabu (20/6) bahwa kesalahan manusia merupakan salah satu daya tarik pertandingan sepak bola dan bahwa sistem...

Kalahkan Iran, Spanyol Berpeluang Lolos Babak 16 Besar

RUSIA, SERUJI.CO.ID -  Tim nasional Spanyol sukses menaklukkan Iran dengan skor 1-0 di laga lanjutan Grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Kazan Arena, Rusia,...