Satlantas Polresta Yogyakarta Sosialisasi Keselamatan Anak di Jalan

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Untuk menggugah kesadaran pengguna jalan, Jajaran Satlantas Polresta Yogyakarta terus melakukan sosialisasi keselamatan dalam berlalu lintas.

Selain himbauan kepada para pengguna jalan, sosialisasi keselamatan lalu lintas juga dilakukan kepada para pelajar SD dan TK se-kota Yogyakarta. Hal itu guna menanamkan kesadaran dan kedisiplinan sejak usia dini.

Salah satu upayanya adalah menyelenggarakan “Gebyar Anak Bangsa” di halaman Mapolresta Yogyakarta, Sabtu (18/11) pagi.

“Seringkali kita jumpai di jalanan, orangtua kurang memperhatikan anaknya ketika berkendara. Anak-anak dianggap tak perlu untuk menggunakan helm dan berbagai perlengkapan keamanan lainnya karena dianggap tak penting dan masih terlalu kecil,” kata Kasatlantas Polresta Yogyakarta, Kompol Qanti Dwi Prasetyo, melalui Kanit Dikyasa, Iptu Marija dalam sambutannya.

“Maka melalui kegiatan Gebyar Anak Bangsa ini, kita bangun ketertiban dan kedisiplinan pada anak-anak palajar dalam berlalu lintas,” imbuhnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 300 pelajar dari TK dan SD seluruh kota Yogyakarta.

Menurut Iptu Marija, keselamatan berlalu lintas sudah sepatutnya ditanamkan kepada anak-anak mulai dari kecil. Terutama dari bimbingan dan anjuran orang tua mendidik putra-putrinya. Sehingga, kata dia, diharapkan kedisiplinan dan ketertiban bisa benar-benar menjadi budaya dan kebiasaan diusia dewasanya kelak.

“Melalui acara Gebyar Anak Bangsa ini, kita ingin bangun kedisiplinan kepada anak sejak usia dini,” ujar Iptu Marija kepada SERUJI di sela-sela acara.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan lomba menggambar bagi pelajar SD dan lomba mewarnai yang diperuntukkan untuk taman kanak-kanak.

Acara Gebyar Anak Bangsa ini dijelaskan Iptu Marija merupakan serangkaian kegiatan dari upaya Satlantas untuk menegakkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcar lantas) di kota Yogyakarta.

Sebelumnya, menurut Iptu Marija sudah ada kegiatan lain yang digelar Satlantas dalam upaya keselamatan berlalu lintas, diantaranya pembentangan spanduk di perempatan jalan. Pembagian stiker bagi pengguna jalan dan ada juga pembagian helm di jalan raya.

Hal itu sebagai upaya preventif dari Satlantas Yogyakarta untuk mengurangi dan mencegah terjadinya fatalitas akibat kecelakaan.

“Kita akan terus sosialisasikan, supaya Kamseltibcar Lantas di kota Jogja bisa terwujud,” pungkasnya. (Hanif/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close