PKPU Human Initiative Respon Gempa Banjarnegara

BANJARNEGARA, SERUJI.CO.ID – Gempa berkekuatan hampir mencapai 4,4 SR yang mengguncang wilayah Pekalongan dan Banjarnegara pada Rabu (18/4) lalu, telah berdampak cukup serius terhadap warga dan lingkungan sekitar. Setidaknya, terhitung 316 rumah roboh serta 4 masjid dan 1 sekolah rusak parah. Bahkan gempa tersebut telah memakan korban jiwa 3 orang akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

Selain korban jiwa, puluhan orang mengalami luka-luka dan ribuan warga mengungsi ke berbagai tempat. Para pengungsi tersebar di lima titik pengungsian. Berdasarkan data jumlah pengungsi tercatat sementara mencapai 2104 jiwa atau 526 KK. Jumlah pengungsi akan terus bertambah.

Korban gempa bumi khususnya yang melanda lokasi terparah Kecamatan Kalibening, syok dan tak berani masuk ke rumah. Selain kondisi rumah yang rusak parah, warga juga khawatir terjadi gempa susulan.

Sejak terjadinya gempa, PKPU Human Initiative menerjunkan tim rescue untuk menyelamatkan korban bencana. Selain membantu melakukan evakuasi di lokasi bencana, tim rescue PKPU HI membuka “Dapur Air” untuk memenuhi kebutuhan minum dan makanan kecil para pengungsi.

Sementara koordinator tim rescue PKPU Human Initiative, M. Jawad menerangkan yang dibutuhkan oleh korban terdampak gempa saat ini adalah logistik dan makanan siap saji, air mineral, obat-obatan, hygiene kit dan erlengkapan tidur.

“Sampai saat ini kami terus memantu perkembangan kondisi para korban terdampak,” terang Jawad dalam laporannya.

Pihaknya terus bersiap siaga untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan. PKPU Human Initiative mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama wujudkan kepedulian bagi korban terdampak.

(PKPU-HI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Dari Plot Pembunuhan Menuju Monarkhi Konstitusional di Arab Saudia

Aneka media luar dan dalam negeri dengan telanjang menggambarkannya. Tim 15 orang memutilasi, memotong korban ketika korban masih hidup. Suara melengking korban kesakitan yang luar biasa terdengar dan terekam.

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER

Prosesi Pernikahan Adat Jawa yang Sarat Makna Sakral

Pernikahan adat biasanya sarat akan makna dan doa. Harapan diamini di setiap prosesi yang dilaksanakan.

KUNTUM KHAIRA UMMATIN