Pintu Pendakian Gunung Merapi Ditutup

BOYOLALI, SERUJI.CO.ID – Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) menutup sementara dengan batas waktu yang belum ditentukan paska-erupsi “freatik” mencapai 5.500 meter di atas puncak Gunung Merapi yang terletak di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (11/5).

Pintu pendakian ke puncak Merapi melalui Desa Lencoh Boyolali untuk sementara ditutup dan tidak ada kegiatan pendakian dengan waktu yang belum ditentukan, kata Samsuri, salah satu anggota tim SAR Barameru Desa Lencoh Selo di Boyolali, Jumat (11/5).

“Pintu pendakian juga pasang papan bertuliskan pendakian ditutup untuk sementara di Basecamp Lencoh,” kata Samsuri.

Menurut dia, jumlah pendaki ada sekitar 160 orang sudah berhasil dievakuasi dan semuanya kondisi selamat. Mereka ada yang mengalami luka lecet-lecet kaki dan trauma karena peristiwa itu.

“Kami mencatat ada sekitar 17 yang lecet-lecet langsung ditangani tim medis. Mereka mengalami lecet karena mereka lari tergesa-gesa saat kejadian posisi di kawasan Pasar Bubrah,” kata Samsuri.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali Bambang Sinung mengatakan semua pendaki yang berada di kawasan Pasar Bubrah Gunung Merapi sudah berhasil dievakuasi seluruhnya. Total pendaki ada 160 orang semua dalam kondisi selamat.

“Semua pendaki sudah turun dari Pasar Bubrah. Kondisinya selamat. Ada delapan orang pendaki yang luka ringan kemudian ditangani tim medis karena mereka lari terjatuh dan kakinya lecet.

Para pendaki itu, kata dia, panik ketika asap tebal keluar dari puncak Gunung Merapi, dan mereka kemudian berlarian, tetapi hanya luka ringan. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER