Petani Nira di Kulon Progo Kesulitan Jual Gula Semut

0
143
Petani nira

KULON PROGO, SERUJI.CO.ID – Petani nira di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta kesulitan menjual gula semut karena rendahnya harga gula.

Seorang petani nira, Rahmadi di Kulon Progo, Kamis (8/3), mengatakan petani menjual gula semut ke koperasi dengan jumlah mengikuti pesanan konsumen.

“Kalau tidak ada pesanan, kami tidak mengirimkan produk, gula akan menumpuk dan menjatuhkan harga produk,” kata Rahmdi.

Ia mengatakan jumlah total gula produksi petani koperasi bisa mencapai 150 ton per bulan.

Kondisi inilah yang menurutnya berpandangan bahwa, pasar yang berkelanjutan lebih dibutuhkan oleh petani gula semut. Dengan demikian, petani akan senang dan kesejahteraan penderes nira lebih terjamin.

Untuk itu, ia mengharapkan pemkab lebih banyak membantu dalam hal pemasaran produk. Karena sejauh ini bentuk permintaan dari konsumen belum rutin atau berkelanjutan.

“Memfasilitasi ekspor sendiri untuk koperasi juga bisa, supaya kami tidak dipermainkan oleh buyer dan kalau bisa ekspor sendiri akan enak atau dalam bentuk talangan dana untuk pembelian gula lewat koperasi,” katanya.

Terkait sertifikasi natura gula semut, ia mengaku belum pernah mendengar perihal sertifikasi natura bersifat nasional. Yang ia tahu, gula semut hasil petani selama ini bisa laku jual karena telah memiliki sertifikasi organik. Sertifikasi tersebut telah dibantu penerbitannya oleh koperasi serba usaha tempatnya bernaung.

“Sebenarnya sertifikat luar negeri itu tidak sulit, cuman penjualannya yang memang sulit. Tapi, meski ada sertifikat kalau tidak ada pasar, buat apa?,” keluhnya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan dalam waktu tiga sampai empat bulan ke depan, Pemkab akan memberikan bantuan berupa alat pengemas gula semut menjadi bentuk kemasan kecil kepada empat kelompok.

Pemkab juga akan memberikan bantuan senilai Rp600 juta untuk membantu membangun lingkungan produksi gula semut yang sesuai dengan standar sertifikasi.

“Kami juga akan membantu mencarikan pasar, jadi selain merintis sistem juga memfasilitasi,” tambahnya.

Ia mengatakan pemkab akan membuatkan pasar lokal dengan menyasar hotel-hotel yang ada di DIY supaya menggunakan gula semut produksi petani nira Kulon Progo. Menurutnya, pasar lokal sangat berpotensi besar dan pasarnya terbuka lebar.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemkab mengusahakan sertifikat natura yang standart nasional, pendampingan produksi, pengemasan dan pemasaran.

“Pasar lokal sangat terbuka lebar. Kalau menjual ke luar negeri keuntungannya sedikit, kami akan arahkan memasarkan gula semut dalam negeri. Kami targetkan stop ekspor gula semut, dan mulai menggarap pasar lokal,” katanya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...