Pemkab Bantul Rehab 6 Pasar Rakyat

BANTUL, SERUJI.CO.ID –┬áPemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun Anggaran 2018 akan merehab bangunan enam pasar rakyat daerah ini supaya semakin nyaman dalam beraktivitas jual beli.

“Kalau tahun ini yang sudah pasti untuk direhab itu ada enam pasar, yaitu Pasar Gumulan, Pasar Turi, Pasar Pandak, Pasar Gatak dan Pasar Mangiran kemudian Pasar Bantul,” kata Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanta Hadi di Bantul, Ahad (4/2).

Menurut dia, lima dari enam pasar rakyat tersebut akan direhab menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK), sementara rehab bangunan Pasar Bantul atau pasar rakyat terbesar di Bantul menggunakan APBD.

Ia menjelaskan, pasar-pasar rakyat itu diusulkan direhab tahun ini karena kondisi bangunan sudah memprihatinkan dan bahkan mengancam keselamatan pedagang atau masyarakat jika sewaktu-waktu bangunan roboh.

“Terutama yang lima pasar kondisinya sudah mengkhawatirkan, ada bagian yang rawan ambrol, namun mudah mudahan tidak karena menyangkut keselamatan pedagang, apalagi saat ini cuaca kurang bagus, angin hujan sehingga sudah waktunya direhab,” katanya.

Subiyanta mengatakan, sedangkan untuk Pasar Bantul itu pekerjaannya penyempurnaan bangunan setelah selesai belum lama dibangun kembali, yaitu pada bagian belakang pasar yang sebagian masih belum dikeramik.

“Sebenarnya semua pasar sudah pernah direhab, tapi sudah lama, seperti contoh misalnya Pasar Mangiran itu dulu setelah gempa 2006 direhab, tapi kan sudah lebih dari 10 tahun, makanya waktunya direhab,” katanya.

Selain berencana merehab enam pasar rakyat itu, lanjut dia, Dinas Perdagangan juga mengusulkan perbaikan tiga pasar rakyat ke pemerintah pusat melalui dana Tugas Pembantuan (TP), yang sampai saat ini masih menunggu kepastiannya.

“Kita mengajukan rehab tiga pasar dengan anggaran hampir Rp43 miliar, sudah dicek tetapi belum ada informasi lebih lanjut, paling tidak satulah di Pasar Pundong, syukur bisa tiga-tiganya, atau dengan Pasar Barongan Jetis,” katanya.

Menurut dia, rehab pasar rakyat terus diupayakan tiap tahun untuk memberikan kenyamanan bagi pedagang, dan tahun 2017 ada empat pasar yang direhab yaitu Pasar Semampir, Pasar Janten, Pasar Panasan dan Pasar Hewan Pleret dengan total anggaran sekitar Rp6 miliar. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER