Menkes: Tenaga Kesehatan PTT Diatas 35 Tahun akan Diarahkan Menjadi PPPK

KLATEN – Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K), menyatakan bahwa tenaga kesehatan PTT Kemenkes yang berusia di atas 35 tahun akan diarahkan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Daerah. Pengangkatan tersebut menunggu Peraturan (PP) tentang Manajemen PPPK ditetapkan. Sementara menunggu PP Manajemen PPPK ditetapkan, mereka akan tetap menerima gaji dan insentif dari Kementerian Kesehatan sampai beralih statusnya menjadi PPPK Daerah. Demikian rilis berita yang disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI.

Belum lama ini telah diadakan seleksi penerimaan CPNS di lingkungan Pemerintah Daerah yang berasal dari tenaga kesehatan PTT dari Kementerian Kesehatan . Peserta seleksi berjumlah 43.310 yang mayoritas adalah bidan, sebagian kecil dokter umum dan dokter gigi. Mereka terdiri dari 39.090 PTT dengan usia di bawah 35 tahun dan dengan usia di atas 35 tahun berjumlah 4.220 orang (terdiri dari dokter 86 orang, dokter Gigi 32 orang dan bidan 4.102 orang). Dari jumlah tersebut, sebanyak 39.090 peserta PTT yang berusia < 35 tahun berhasil lolos dan akan diangkat menjadi calon aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemda berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 7 Tahun 2017

Senin 20 Maret 2017 diadakan Rapat Kerja Menkes bersama Komisi IX DPR RI di Gedung Nusantara Jakarta untuk membahas pengangkatan tenaga kesehatan PTT menjadi PNS. Dalam kesempatan tersebut DPR meminta agar Kemenkes meninjau kembali persyaratan batas usia penerimaan CPNS. Akan tetapi Menkes belum bisa memenuhi himbuan tersebut karena batasan umur tersebut sudah sesuai dengan pasal 6 pada PP 98 Tahun 2000 tentang Pengadaan PNS juncto PP 78 Tahun 2013.

Keputusan Menkes yang tidak mengangkat tenaga PTT Kemenkes usia diatas 35 tahun tentu sangat mengecewakan bagi yang bersangkutan. Pasalnya banyak dari mereka yang masa kerjanya sudah puluhan tahun, sementara disisi lain ada yang masa kerja kurang dari 2 tahun sudah diangkat menjadi PNS dikarenakan umurnya kurang dari 35 tahun.

“Sungguh keputusan ini terasa tidak adil”, demikian ungkap salah satu bidan PTT yang umurnya diatas 35 tahun, tinggal di Klaten dan tidak mau disebutkan namanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Konsultasi Manajemen Bersama SNF Consulting

Anda dapat konsultasikan masalah terkait menajemen dan pengelolaan perusahaan kepada SNF Consulting dengan mengisi form di bawah dengan lengkap.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.