Menciptakan Siswa Handal di Bidang kesehatan Melalui Lomba Dokter Kecil

WONOGIRI, SERUJI.CO.ID – Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), UPT Dinas Pendidikan Selogiri, Kabupaten Wonogiri mengadakan lomba dokter kecil bertempat di SD Negeri tekaran 2, Selasa (28/11).

Acara tersebut diikuti oleh 31 dokter kecil yang merupakan utusan dari SD/MI Negeri dan Swasta se-kecamatan Selogiri yang sedang duduk di kelas IV/V/VI. Peserta juga harus mempunyai rata-rata nilai mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, IPA dan Matematika 2 semester terakhir minimal 75.

“Melalui lomba dokter kecil ini bertujuan agar tercipta siswa yang handal dalam meningkatkan derajat kesehatan bagi dirinya sendiri, sekolah, keluarga maupun masyarakat,” ujar Drs. Haryono, M.Pd selaku ketua panitia, saat ditemui SERUJI di lokasi lomba, Selasa (28/11).

Ruang lingkup penilaian meliputi pengetahuan tentang kesehatan, sikap perilaku tentang hidup sehat, ketrampilan dalam bidang kesehatan, dasar-dasar managemen organisasi (perencanaan, pengorganisasian, pengawasan).

Jua penilaian pada pendidikan lingkungan hidup, berita-berita koran yang berkaitan dengan kesehatan, lingkungan kehidupan sehat yang menunjang PBM berdasarkan konsep wiyatamandala dan konsep kesehatn sosial (7K), pencegahan, pemberantasan dan peredaran gelap Narkoba (P4GN).

Penilaian dilakukan melalui 2 tahap, dimana tahap pertama diikuti oleh seluruh peserta berupa tes tertulis dan membuat artikel tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

Sebanyak 10 peserta terbaik pada tahap I akan melanjutkan seleksi ke tahap II. Seleksi Tahap II meliputi presentasi artikel yang telah ditulis, tes kesehatan badan dan tes unjuk kerja berupa praktek P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan).

Acara tersebut berakhir pada pukul 13.30 WIB dengan juara pertama di sandang oleh Amelia Fitri Rohmadini, siswi kelas V SDN 2 Nambangan dengan kumulatif nilai 820.

Sedangkan peringkat kedua diraih oleh siswa SD I Krisak dengan kumulatif nilai 798, disusul oleh siwa dari SDII Muhammadiyah Nambangan.

Tropi diserahkan oleh Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Selogiri Agus Sriyanto, S.Pd.MM

(Endang S/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close