Loram Wetan Jadi Desa Cerdas Kedua di Indonesia

0
172
Siti Zuhro
R. Siti Zuhro, pengamat politik dari LIPI. (Foto: Istimewa)

KUDUS, SERUJI.CO.ID – Desa Loram Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dijadikan proyek percontohan desa cerdas yang kedua, setelah sebelumnya diresmikan di Kelurahan Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan.

“Desa cerdas pertama yang diresmikan yakni di Kelurahan Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada bulan Januari 2017,” kata Peneliti Senior LIPI R Siti Zuhro, di Kudus, Kamis (21/12).

Ciri-ciri daerah yang maju, lanjutnya, ditandai dengan kemajuan desa beserta masyarakatnya.

“Dengan sistem multipartai seperti sekarang masyarakat sudah saatnya semakin cerdas, terutama di desa,” ujarnya.

Apabila masyarakat semakin cerdas, dia optimistis, mereka akan memiliki jati diri dan harga diri, sehingga akan tersinggung ketika ada yang membayar soal hak politik.

“Hal itulah yang akan dibangun LIPI bekerja sama dengan Pemda Kudus untuk membangun desa cerdas, sehingga masyarakatnya nanti semakin cerdas, ekonominya juga cerdas, dan di level pemerintahan desanya juga terakses oleh masyarakat dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, pemberdayaan masyarakat tidak hanya nilai-nilai ekonominya, melainkan nilai-nilai budaya juga harus diberdayakan.

Ia mencontohkan, untuk masyarakat Kudus tentu akan memunculkan kekudusannya sebagai ciri khas lokal.

“Khas masyarakat Kudus belum tentu dimiliki warga Jakarta. Hal seperti itu yang harus dikelola dan dirawat oleh desa cerdas,” ujarnya.

Untuk mewujudkan desa cerdas, katanya, dibutuhkan kerja sama semua pihak, mulai dari masyarakat, pemerintah desa, kecamatan, dan kabupaten.

Ia berharap, desa cerdas di Kudus bisa didukung semua pihak, karena menjadi syarat terlaksana program desa cerdas.

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama