Legislator: Perlu Pulau Terisolasi untuk Penjara Teroris

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ketua Komisi A DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta Eko Suwanto menilai diperlukan pulau khusus yang terisolasi untuk lokasi penjara para narapidana kasus terorisme guna mempermudah pembinaan.

“Ke depan, penanganan teroris perlu lebih komplet, kalau diperlukan penjara kaum teroris sebaiknya di tengah pulau yang terisolasi agar mudah dikendalikan dan dibina,” kata Eko di Yogyakarta, Kamis (10/5).

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan peristiwa pembunuhan oleh narapidana teroris di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, menunjukkan bahwa ancaman terorisme ada di depan mata sehingga perlu mendapatkan perhatian bersama oleh seluruh komponen bangsa.

Baca juga: Kapolri Akui Mako Brimob Tidak Layak Bagi Napi Teroris

“Ancaman terorisme ada di depan mata bahkan termasuk menyasar obyek vital, instansi pemerintah maupun di wilayah penegakan aparat penegak hukum,” kata dia.

Menurut dia, diperlukan langkah bersama untuk menggalang kekuatan dan dukungan agar penegakan hukum kasus terorisme bisa terus dijalankan.

“Terorisme harus diperangi secara bersama-sama oleh tidak saja bangsa Indonesia tapi juga seluruh bangsa di dunia,” katanya.

Terkait dengan tindakan tegas aparat, Eko Suwanto mendukung Polri agar bisa segera memulihkan situasi sekaligus melakukan evaluasi mengapa hal tersebut bisa terjadi. Ia ragu bahwa kasus kerusuhan di Rutan Makobrimob dipicu persoalan makanan napi.

Baca juga: Penjelasan Kapolri Tidak Segera Ambil Tindakan Tegas Kerusuhan Mako Brimob

“Teror ini merupakan propaganda terorisme di dunia. Oleh karena itu terorisme nyata jadi musuh dunia saat ini. Saya kok tidak percaya ini soal makanan semata, kita dukung polri ungkap dalang dan seluruh pelaku teror ini,” kata dia.

Ia berharap proses hukum dapat ditegakkan bagi para napi teroris yang melakukan pemberontakan tersebut sebab selain membunuh, kaum teroris ini juga nyata-nyata mengancam pemerintah dan aparat penegak hukum, khususnya Polri.

“Kita semua kehilangan, turut berduka cita atas meninggalnya bhayangkara negeri, lima anggota Polri yang gugur saat bertugas. Semoga almarhum diterima mulia di sisi Allah, semoga keluarga yang ditinggalkan tabah,” kata Eko. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER