Lebaran Momentum Promosikan Batik Lokal

0
13
Perajin batik Pekalongan (foto:istimewa)

PURWOKERTO, SERUJI.CO.ID – Hari raya Lebaran bisa menjadi momentum untuk mempromosikan batik lokal, kata Pengamat Budaya Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Bambang Widodo.

“Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat busana muslim berbahan dasar batik dengan corak khas batik lokal,” katanya di Purwokerto, Rabu (16/5).

Upaya tersebut, kata dia, juga bisa dilakukan oleh para perajin batik lokal yang ada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

“Batik Banyumas ini memiliki motif yang sangat unik dengan warna-warni alam atau kecokelatan yang sangat khas. Sangat menarik bila dibuat desain busana muslim menyambut Lebaran, akan berkesan mewah,” katanya.

Untuk itu, dia mengajak para perajin batik lokal yang ada di Banyumas untuk memanfaatkan momentum Lebaran 2018 meningkatkan kreatifitas sekaligus berperan serta dalam mempromosikan batik lokal.

“Perajin batik secara responsif dapat menyambut kehadiran momen lebaran dengan membuat baju-baju siap pakai berbahan batik yang unik dan menarik,” katanya.

Sementara itu, dia menambahkan bahwa pemerintah daerah perlu berperan aktif dalam upaya mendorong perajin batik memanfaatkan momentum Lebaran.

“Misalkan, pemerintah daerah bisa mendorong para perajin batik yang punya ruang pajang untuk menyiapkan baju-baju batik siap pakai untuk menyambut Lebaran,” katanya.

Selain itu, kata dia, pemerintah daerah bisa ikut mempromosikan melalui website atau media sosial lainnya.

“Selain itu, pemerintah daerah juga bisa ikut memasarkan langsung melalui perusahaan daerah dan dekranasda,” katanya.

Dengan demikian, kata dia, batik Banyumas diharapkan mampu menembus pasar yang lebih luas dan mampu bersaing dengan daerah lain. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

Rayakan Keberkahan Bulan Mulia dengan Buka Bersama 2500 Yatim

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 2500 anak yatim mengikuti buka bersama yang diselenggarakan Bank BJB dan PKPU Human Initiative Jawa Barat, Rabu (23/5). Program tersebut...
Uang Rupiah

Rupiah Terus Melemah, Pemerintah Janji Akan Atasi

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan mengatasi pelemahan rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). "Pemerintah bersama-sama Bank Indonesia akan...

Desa di Lereng Merapi Cek Kesiapan Barak Pengungsian

SLEMAN, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengecek kesiapan dan kelengkapan barak pengungsian yang ada di komplek Balai Desa...
bus

Bengkulu Mulai Uji Kelaikan Angkutan Lebaran

BENGKULU, SERUJI.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bengkulu mulai menggelar uji kelaikan kendaraan umum angkutan Lebaran 2018. Kepala Unit Pelaksana...

Menkeu: Utang Luar Negeri Indonesia Terus Turun

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan utang Indonesia terus mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun. "Sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang keuangan,...