Kulon Progo Tambah E-Warong Permudah Penyaluran BPNT

KULON PROGO, SERUJI.CO.ID – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menambah jumlah warung gotong royong elektronik (e-warong) guna memudahkan penyaluran bantuan pangan nontunai (BPNT) pada Juli 2018.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kulon Progo Eko Pranyata di Kulon Progo, Sabtu (26/5) mengatakan saat ini, pihaknya sudah mengajukan sebanyak 109 e-warong kepada pihak bank yang ditunjuk guna melayani program keluarga harapan (PKH).

“Saat ini, baru ada tujuh e-warong telah beroperasional dan siap melayani keluarga penerima maanfaat di Kulon Progo,” kata Eko.

Ia akan menyosialisasikan dan memberikan pelatihan bagi pemilik e-warong dalam pelaksanaan bantuan pangan nontunai (BPNT). Awalnya, e-warong disandingkan dengan gabungan kelompok tani (gapoktan) selaku penyedia bahan pokok.Ke depan, e-warong diharapkan ada sinergi keuangan inklusi antara e-warong, bank dan gapoktan.

“Kami berharap ada sinergi keuangan inklusi antara e-warong, bank dan gapoktan. Sehingga yang ditunjuk nanti tidak harus punya modal. Nanti akan difasilitasi disetting dapat dipasarkan secara online,” katanya.

Selain itu, kata Eko, pihaknya juga akan mendorong kelompok masyarakat miskin untuk mengelola e-warong menjadi agen bank yang baik. Di Kulon Progo terdapat 47.323 keluarga penerima manfaat (KPM) yang akan menerima BPNT yang disalurkan melalui e-Warong.

“Setiap KPM nantinya akan menerima bantuan senilai Rp110.000 yang dapat dibelanjakan di e-Warong itu,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati mendorong Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak menyiapkan e-warong yang ditunjuk oleh pihak bank yang akan menyalurkan bantuan pangan non tunai.

Ia mengatakan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak 47.323 Kepala Keluarga (KK).

“Persiapan ini penting karena setiap e-warong diasumsikan hanya menyalurkan kurang lebih 500 KK, sehingga diperlukan ratusan e-Warong yang harus benar-benar dipersiapkan sesuai dengan petunjuk teknis yang ada,” harap Akhid.

Ia berharap Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) melalukan validasi KPM, supaya BPNT tepat sasaran.

“Kami berharap BPNT tepat sasaran dan dapat mencukupi kebutuhan pangan KPM,” katanya. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Lompatan Kinerja Helmy Yahya

Yang harus dikelola Helmy bukan hanya peralatan yang jadul, namun juga anggaran yang sangat minim. Dengan jumlah karyawan terbatas, TVRI masih harus mengelola pemancar yang berlokasi di seluruh Nusantara, bahkan di pelosok negeri yang tidak marketable seperti di Pulau Miangas atau Rote.

Al Ghazali dan Dendam Anak-Anak Revolusi

Di masa Orde Baru adalah anak-anak yang bapak/ibunya dibunuh atau dipenjarakan Suharto. Di masa ini mereka adalah anak-anak yang bapaknya dipenjarakan Jokowi karena berbeda pandangan politik.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....