Koleksi-Koleksi di Museum Gunung Api Merapi Menjadi Sasaran Vandalisme

SLEMAN, SERUJI.CO.ID – Benda-benda koleksi di Museum Gunung Api Merapi (MGM), di Dusun Banteng, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi sasaran para pelaku vandalisme.

“Sedikitnya tiga koleksi MGM berupa materi tentang evolusi bumi yang menjadi sasaran vandalisme. Ketiganya berada di lantai dua, yaitu di ruang peraga statis dan dinamis,” kata Kepala UPT MGM Juhartati, di Sleman, Ahad (30/6).

Menurutnya, corat-coret tangan jahil tersebut paling banyak terdapat di salah satu koleksi berukuran 120 x 200 sentimeter bergambar 14 bola bumi dengan latar berwarna hitam.

“Pada koleksi ini hampir penuh dengan coretan-coretan. Bahkan kata-kata atau kalimat coretan sangat tidak pantas,” katanya lagi.

Pihaknya tidak menyangka jika ada yang tega merusak barang koleksi museum. Apalagi koleksi MGM seharusnya menjadi edukasi bagi masyarakat untuk mengenal berbagai gunung api di Indonesia dan dunia.

“Kami menduga coretan-coretan tersebut dilakukan menggunakan pulpen atau benda tajam,” katanya pula.

Juhartati mengakui ada kurang kewaspadaan dari petugas terhadap pengunjung. Kendati demikian pengelola sebetulnya telah memberikan arahan dan imbauan kepada setiap pengunjung. “Termasuk juga menempatkan rambu-rambu larangan. Kami juga memasang CCTV di beberapa sudut ruangan untuk mengawasi gerak-gerik pengunjung,” katanya.

Namun ia mengatakan, karena jumlah petugas yang terbatas, sehingga membuat pengawasan agak longgar dan tidak optimal.

“Memang tidak bisa setiap saat kami memantau pergerakan pengunjung, demikian dengan CCTV juga tidak terpantau karena masalah alat dan SDM,” katanya pula.

Hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan pelaku vandalisme tersebut dan masih menyelidiki pelaku dari rekaman CCTV.

“Untuk hukumannya nanti masih persuasif,” katanya.

Menurutnya, saat ini status MGM masih belum resmi menjadi milik Pemkab Sleman dan masih dikelola bersama Badan Geologi Kementerian ESDM Bandung.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Badan Geologi Bandung untuk mengganti koleksi yang menjadi sasaran vandalisme,” katanya lagi.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Reposisi Sekolah Demi Pendidikan

Menempatkan sekolah sebagai lembaga yang paling membentuk keterpelajaran seseorang adalah mitos dan tahayul, kalau tidak bisa disebut hoaks.

Berdagang Kemiskinan

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

TERPOPULER