MER-C Jangkau 28 Desa Terpencil di Papua

cristiano ronaldo

Ronaldo Sumbang 2 Gol Saat Real Tekuk Sevilla

Kegiatan Subuh Berjamaah ASN Purbalingga Raih MURI

0
119
purbalingga
Suasana Pemecahan Rekor MURI Peserta terbanyak Sahur Bersama ASN Purbalingga, di Stadion Goentur Dardjono, Purbalingga, Sabtu (10/6/2017). Diikuti dengan rekor Sholat tahajud berjamaah dengan peserta terbanyak, dan sholat Shubuh peserta terbanyak. (Foto: Tasdi @tasdipbg1)

PURBALINGGA – Kegiatan shalat tahajud, sahur, dan shalat Subuh berjamaah yang dilakukan 9.113 pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, GOR Goentoer Darjono, Sabtu (10/6), meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia.

Mereka berdatangan sejak pukul 02.00 WIB, dan langsung menuju tempat shalat yang telah disediakan di GOR Goentoer Darjono. Ratusan tempat wudhu di sekitar lokasi juga telah disiapkan panitia sehingga memudahkan peserta untuk mengambil air.

Di tempat tersebut, mereka langsung melakukan salat tahajud dan berdoa. Setelah itu panitia langsung membagikan makanan dan minuman untuk sahur bersama-sama.

“Acara yang dilaksanakan hari ini yakni shalat tahajud, sahur, dan shalat Subuh bersama telah meraih rekor dari MURI,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Purbalingga, Tri Gunawan di Purbalingga, Sabtu (10/6).

Dia menjelaskan, kegiatan itu digelar dalam rangka tasyakuran karena Pemerintah Kabupaten Purbalingga, meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2016 oleh Badan Pemeriksa Keuangan.

“Dalam rangka tasyakuran atas hasil pemeriksaan BPK dengan opini WTP untuk yang pertama kalinya, maka Bupati Purbalingga, mengundang seluruh ASN untuk melaksanakan kegiatan tersebut,” katanya.

Menurutnya kegiatan tersebut dilakukan juga untuk membentuk ASN Kabupaten Purbalingga yang taat beribadah dan menjadi pelayan masyaralat. Mereka diharapkan dapat menjadi contoh kepada masyarakat Purbalingga jika ASN sudah sesuai dengan undang-undang yakni melaksanakan kebijakan publik, pelayan publik dan perekat persatuan bangsa.

“PNS harus bisa menjadi contoh, dia harus rajin beribadah, harus bersatu rukun. PNS tidak mabuk-mabukan. PNS tidak malas-malasan. Sebelum merekatkan bangsa, secara internal masing-masing kantor di Purbalingga harus ada kerjasama,” katanya.

Selain Bupati Purbalingga, Tasdi bersama jajarannya turut serta dalam acara tersebut, kata Tri, dihadiri juga oleh kepala desa dan perangkatnya termasuk karyawan badan usaha milik daerah.

Menu sahur yang disajikan adalah nasi phiti yang dibuat oleh sekitar 20-an UMKM di Purbalingga. Nasi phiti yang terdiri dari nasi dan aneka lauk pauk tersebut dikemas dalam besek bambu. Air minum yang disajikan adalah air minum produksi lokal.

“Pada sahur bersama, dihidangkan nasi pithi khas Purbalingga, untuk mendorong kecintaan masyarakat pada makanan khas Purbalingga,” ujarnya.

Tri juga menambahkan, Bupati Purbalingga, Tasdi, berharap kegiatan tersebut dapat mempererat hubungan silaturahim sesama ASN di Purbalingga.

“Dengan diperolehnya rekor MURI semoga dapat menjadi penyemangat bagi seluruh masyarakat Purbalingga bahwa segala sesuatunya jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh akan mendapatkan hasil yang maksimal,” pungkasnya.

Sementara itu, tiga rekor MURI dimaksud dianugerahkan kepada Bupati Purbalingga, Tasdi, sebagai pemrakarsa dan penyelenggara Sholat Tahajud Berjamaah oleh ASN terbanyak. Dan sebagai pemrakarsa dan penyelenggara makan nasi pithi bersama oleh ASN terbanyak. Juga sebagai pemrakarsa dan penyelenggara sholat Subuh berjamaah oleh ASN terbanyak. (IwanY)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

zainut tauhid

Belum Ada Sertifikat Halal Vaksin Difteri, MUI: Hukum Imunisasi itu Mubah

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Zainut Tauhid Saadi mengatakan MUI belum menerima pendaftaran dan permintaan pemeriksaan kehalalan vaksin difteri dari pihak...

Kongres HIPMI, Gus Ipul: Jangan Biarkan Pengusaha Asing Jadi Pemenang di Negeri Kita

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berharap Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mampu menghadirkan pengusaha-pengusaha muda yang bisa bersaing...

Prabowo Masih Kaji Cagub untuk Jawa Tengah

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra menegaskan belum mengambil keputusan mengenai calon gubernur untuk Jawa Tengah (Jateng). Gerindra masih melakukan pengkajian secara mendalam untuk memilih...

KANAL WARGA TERBARU

Untitled

Utopia Share Syndrome

Hadirnya media sosial di tengah kerasnya kehidupan telah melahirkan "penyakit" baru yang bolehlah saya sebut dengan istilah "Share Syndrome". Sederhananya, Share Syndrome adalah semacam...

Max Havelaar dan AMDK Ummat

Dowwes Dekker adalah salah satu pencabut tonggak kejam kolonialisme di bumi Nusantara. Ia menjadi amtenaar saat Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch memaksa penduduk...
Diky Supratman

Tiga Tahun Bocah Ini Berjuang Dengan Penyakitnya

Kotawaringin Barat - Diky Supratman (16) anak dari pasangan Mustofa dan Marni jl. Ahamd Yani gg. Baning RT 29 Kelurahan Baru Arut Selatan Kotawaringin...