Kegiatan Subuh Berjamaah ASN Purbalingga Raih MURI

0
131
purbalingga
Suasana Pemecahan Rekor MURI Peserta terbanyak Sahur Bersama ASN Purbalingga, di Stadion Goentur Dardjono, Purbalingga, Sabtu (10/6/2017). Diikuti dengan rekor Sholat tahajud berjamaah dengan peserta terbanyak, dan sholat Shubuh peserta terbanyak. (Foto: Tasdi @tasdipbg1)

PURBALINGGA – Kegiatan shalat tahajud, sahur, dan shalat Subuh berjamaah yang dilakukan 9.113 pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, GOR Goentoer Darjono, Sabtu (10/6), meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia.

Mereka berdatangan sejak pukul 02.00 WIB, dan langsung menuju tempat shalat yang telah disediakan di GOR Goentoer Darjono. Ratusan tempat wudhu di sekitar lokasi juga telah disiapkan panitia sehingga memudahkan peserta untuk mengambil air.

Di tempat tersebut, mereka langsung melakukan salat tahajud dan berdoa. Setelah itu panitia langsung membagikan makanan dan minuman untuk sahur bersama-sama.

“Acara yang dilaksanakan hari ini yakni shalat tahajud, sahur, dan shalat Subuh bersama telah meraih rekor dari MURI,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Purbalingga, Tri Gunawan di Purbalingga, Sabtu (10/6).

Dia menjelaskan, kegiatan itu digelar dalam rangka tasyakuran karena Pemerintah Kabupaten Purbalingga, meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2016 oleh Badan Pemeriksa Keuangan.

“Dalam rangka tasyakuran atas hasil pemeriksaan BPK dengan opini WTP untuk yang pertama kalinya, maka Bupati Purbalingga, mengundang seluruh ASN untuk melaksanakan kegiatan tersebut,” katanya.

Menurutnya kegiatan tersebut dilakukan juga untuk membentuk ASN Kabupaten Purbalingga yang taat beribadah dan menjadi pelayan masyaralat. Mereka diharapkan dapat menjadi contoh kepada masyarakat Purbalingga jika ASN sudah sesuai dengan undang-undang yakni melaksanakan kebijakan publik, pelayan publik dan perekat persatuan bangsa.

“PNS harus bisa menjadi contoh, dia harus rajin beribadah, harus bersatu rukun. PNS tidak mabuk-mabukan. PNS tidak malas-malasan. Sebelum merekatkan bangsa, secara internal masing-masing kantor di Purbalingga harus ada kerjasama,” katanya.

Selain Bupati Purbalingga, Tasdi bersama jajarannya turut serta dalam acara tersebut, kata Tri, dihadiri juga oleh kepala desa dan perangkatnya termasuk karyawan badan usaha milik daerah.

Menu sahur yang disajikan adalah nasi phiti yang dibuat oleh sekitar 20-an UMKM di Purbalingga. Nasi phiti yang terdiri dari nasi dan aneka lauk pauk tersebut dikemas dalam besek bambu. Air minum yang disajikan adalah air minum produksi lokal.

“Pada sahur bersama, dihidangkan nasi pithi khas Purbalingga, untuk mendorong kecintaan masyarakat pada makanan khas Purbalingga,” ujarnya.

Tri juga menambahkan, Bupati Purbalingga, Tasdi, berharap kegiatan tersebut dapat mempererat hubungan silaturahim sesama ASN di Purbalingga.

“Dengan diperolehnya rekor MURI semoga dapat menjadi penyemangat bagi seluruh masyarakat Purbalingga bahwa segala sesuatunya jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh akan mendapatkan hasil yang maksimal,” pungkasnya.

Sementara itu, tiga rekor MURI dimaksud dianugerahkan kepada Bupati Purbalingga, Tasdi, sebagai pemrakarsa dan penyelenggara Sholat Tahajud Berjamaah oleh ASN terbanyak. Dan sebagai pemrakarsa dan penyelenggara makan nasi pithi bersama oleh ASN terbanyak. Juga sebagai pemrakarsa dan penyelenggara sholat Subuh berjamaah oleh ASN terbanyak. (IwanY)

Komentar

BACA JUGA
Jiwa Seni Puti Guntur

Bertemu Seniman, Puti Soekarno Berkisah Tentang Jiwa Seni Kakek dan Keluarganya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Calon Wakil Gubernur Jatim nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno bertemu dengan kalangan seniman yang tergabung Forum Masyarakat Seni Indonesia (Formasi)...
Relawan Gus Ipul

60 Kelompok Relawan Siap Menangkan Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 60 kelompok relawan pendukung calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf-Puti Guntur siap memenangkan paslon tersebut di kontestasi Pilgub 2018. Para...
Mediator kesehatan

Mediator Kesehatan Diharapkan Mampu Memediasi Perselisihan di Bidang Kesehatan

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya bersama Jimly School of Law and Goverment berupaya mengembangkan profesi mediator kesehatan. "Ini dinilai penting sebagai upaya...
buku Boko Haram

Bedah Buku Boko Haram: Indonesia Harus Belajar Pengalaman Nigeria

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Peneliti Centre For Statecraft and Citizenship Studies (CSCS) Universitas Airlangga, Rosdiansyah menangkap pesan utama dari buku “BOKO HARAM: The History of...
persiba

Persiba Gagal Bendung Ketangguhan Sriwijaya FC

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Tuan rumah Persiba Balikpapan gagal membendung ketangguhan Sriwijaya FC dan menyerah 0-1 pada pertandingan babak penyisihan Grup B turnamen Piala Gubernur Kalimantan...
loading...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...
IMG_20180224_110625_530

Mencari Logika di Balik Kasus Tuduhan ke Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab (RHS) juga ditetapkan sebagai tersangka, setelah sebelumnya FH dijerat pasal pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. RHS bahkan...