Kasus HIV/AIDS di Batang Makin Memprihatinkan

BATANG, SERUJI.CO.ID – Kasus HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, makin memprihatinkan karena kesadaran masyarakat dalam upaya mencegah penularan penyakit tersebut masih rendah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Hidayah Basbeth di Batang, Sabtu (9/12), mengatakan bahwa jumlah penderita HIV/AIDS selama 10 tahun sudah mencapai 937 kasus sehingga perlu adanya partisipasi oleh semua pihak dalam upaya mencegah penyakit itu.

“Berdasar data penemuan kasus HIV selama Januari hingga akhir 2017 sudah mencapai 106 orang dan yang sudah terinfeksi AIDS 25 orang,” katanya.

Ia mengatakan penyelenggaraan hari AIDS Sedunia itu bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap wabah AIDS yang sudah terjadi dimana-mana dan di berbagai negara secara global.

“Penyakit HIV ini disebabkan oleh virus HIV dan penyakit ini sudah dikenal sejak 1981. Akan tetapi sampai sekarang ini kita belum menemukan obatnya dan hanya dapat mengendalikan virusnya,” katanya.

Staf Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (PP2M) Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Lina Munadiroh mengatakan saat ini sudah ada 28 balita terjangkit HIV/AIDS.

“Sebanyak 12 balita dari 28 balita tersebut meninggal dunia. Mayoritas HIV/AIDS menjangkiti pada ibu rumah tangga dan wanita yang pernah bekerja sebagai pekerja seks komersial,” “katanya.

Wakil Bupati Batang Suyono mengatakan penyakit HIV/AIDS terus mengalami peningkatan sehingga semua pihak harus bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit tersebut agar tidak meluas.

“Kami telah meningkatkan pembiayaan pencegahan HIV/AIDS. Ini merupakan bagian komitmen pemkab bagaimana penanggulangan atau pembiayaan penggulangan secara regulasi yang berkaitan khususnya HIV/AIDS,” pungkasnya. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bangsa Gagal Nyintesis

Bagaimana Kalau Prabowo Kalah Lagi?

Terpilih kembali atau tidaknya petahana adalah sebuah hal yang wajar di alam demokrasi. Karena tujuan dari pesta demokrasi, atau yang kita sebut Pilpres ini, adalah untuk mengukur kepuasan dan ketidakpuasan pada petahana.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER