close

Kasus HIV/AIDS di Batang Makin Memprihatinkan

BATANG, SERUJI.CO.ID – Kasus HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, makin memprihatinkan karena kesadaran masyarakat dalam upaya mencegah penularan penyakit tersebut masih rendah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Hidayah Basbeth di Batang, Sabtu (9/12), mengatakan bahwa jumlah penderita HIV/AIDS selama 10 tahun sudah mencapai 937 kasus sehingga perlu adanya partisipasi oleh semua pihak dalam upaya mencegah penyakit itu.

“Berdasar data penemuan kasus HIV selama Januari hingga akhir 2017 sudah mencapai 106 orang dan yang sudah terinfeksi AIDS 25 orang,” katanya.

Ia mengatakan penyelenggaraan hari AIDS Sedunia itu bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap wabah AIDS yang sudah terjadi dimana-mana dan di berbagai negara secara global.


“Penyakit HIV ini disebabkan oleh virus HIV dan penyakit ini sudah dikenal sejak 1981. Akan tetapi sampai sekarang ini kita belum menemukan obatnya dan hanya dapat mengendalikan virusnya,” katanya.

Staf Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (PP2M) Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Lina Munadiroh mengatakan saat ini sudah ada 28 balita terjangkit HIV/AIDS.

“Sebanyak 12 balita dari 28 balita tersebut meninggal dunia. Mayoritas HIV/AIDS menjangkiti pada ibu rumah tangga dan wanita yang pernah bekerja sebagai pekerja seks komersial,” “katanya.

Wakil Bupati Batang Suyono mengatakan penyakit HIV/AIDS terus mengalami peningkatan sehingga semua pihak harus bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit tersebut agar tidak meluas.

“Kami telah meningkatkan pembiayaan pencegahan HIV/AIDS. Ini merupakan bagian komitmen pemkab bagaimana penanggulangan atau pembiayaan penggulangan secara regulasi yang berkaitan khususnya HIV/AIDS,” pungkasnya. (Ant/SU03)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

BPN Hormati Keputusan MK Memajukan Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menghormati...

Keputusan Sengketa Pilpres Dipercepat Pada Tanggal 27 Juni

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama...

PPDB Zonasi di Jakarta Akan Dilakukan Penyesuaian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan...

Hindari Sinar-X, Sabu-Sabu Diselundupkan di Dalam Jok Mobil

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyelundup 15 kilogram (kg) sabu-sabu yang...

Bawaslu Kudus Persiapkan Data Untuk Hadapi Gugatan di MK

KUDUS, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus,...

Sikap Politik PAN Akan Dirujuk Dari Putusan MK

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sekjen PAN, Eddy Soeparno menyatakan putusan...

TERPOPULER