KAI Luncurkan KA Solo Ekspres

0
48
Kerera Api Solo Ekspres saat diluncurkan, Kamis (17/05/2018 (foto:Vita K/SERUJI)).

SOLO, SERUJI.CO.ID – PT. Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan Kereta Api (KA) Solo Ekspres dengan rute Solo-Yogyakarta-Kutoarjo. Peluncuran dilakukan di Stasiun Solo Balapan pada Kamis (17/05).

Awal peluncuran KA Solo Ekspres, PT. KAI hanya mengoperasikan satu trainset kereta. Adapun yang digunakan adalah Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE).

Kereta berwarna hijau ini sebenarnya merupakan kereta yang akan dioperasikan untuk KA Bandara Adi Soemarmo. Namun sembari menunggu pembangunan konstruksi rel KA Bandara rampung kereta ini dioperasikan untuk jalur Solo-Yogyakarta-Kutoarjo.

Loading...

“Untuk peluncuran awal ini, masyarakat kita gratiskan biaya operasional selama empat hari. Mulai tanggL 17 hingga 20 Mei 2018,” ungkap Direktur Operasi PT. KAI Slamet Suseno, Kamis (17/05).

Sedangkan mulai tanggal 21 Mei 2018, harga tiket dibanderol Rp30 ribu untuk rute Solo-Yogyakarta dan Rp40 ribu untuk rute Solo-Kutoarjo.

Dirjen KA Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan, KA Solo Ekspres diharapkan mampu mengurangi beban yang selama ini ditanggung oleh KA Prameks. Sebab, kata Zulfikri, pendidikan, ekonomi dan pariwisata di kawasan Solo, Yogyakarta dan Kutoarjo juga semakin pesat berkembang.

“Maka dibutuhkan angkutan umum massal yang nyaman dan efisien,” kata dia.
Adapun satu trainset KA Solo Ekspres ini terdiri dari empat kereta. Dengan kapasitas maksimal 393 penumpang. (Vita K/Hrn)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama