Jangan Pernah Remehkan Gempa Berkekuatan Kecil

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa tersebut merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal dengan mekanisme kombinasi pergerakan mendatar dan naik (Oblique Thrust Fault).

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebutkan gempa Banjarnegara sangat unik karena magnitudonya kurang dari 5 tetapi skala MMI bisa mencapai IV dan V.

“Ini terjadi akibat aktivitas sesar atau patahan aktif yang sifatnya lokal, terutama di situ daerah yang terguncang tersusun atas elemen sedimen yang lunak dan lepas sehingga guncangannya terasa kuat,” kata Dwikorita.

Sesar lokal tersebut merupakan patahan baru yang belum teridentifikasi dalam peta sumber dan bahaya gempa bumi yang dikeluarkan pada tahun 2017.

Sesar atau patahan yang sudah diketahui, yaitu Patahan Semangko yang membentang di Pulau Sumatera, yakni dari bagian utara hingga ke selatan yang dimulai dari Aceh hingga ke Teluk Semangka di Lampung.

Patahan Opak yang memisahkan dataran tinggi perbukitan Wonosari (Gunung Kidul) dengan dataran rendah Yogyakarta. Patahan Grindulu merupakan patahan yang terdapat di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Patahan Lembang merupakan patahan yang membentang di kawasan Jawa Barat dan memotong dataran Bandung juga Sesar Cimandiri dan Baribis di Jawa Barat.

Patahan Flores yang merupakan salah satu patahan yang aktif di Indonesia berada di wilayah Flores.

Patahan Palu juga dikenal dengan sesar Palu-Koro. Sama dengan patahan-patahan yang lain, patahan Palu-Koro juga merupakan patahan yang dapat menyebabkan gempa lokal.

Patahan Tarera Audina merupakan patahan yang berada di Pulau Papua. Patahan ini merupakan patahan yang tidak aktif, tetapi bisa aktif kembali apabila dipicu gempa besar yang terjadi.

Patahan Jakarta yang dinyatakan tidak aktif. Akan tetapi, karena adanya slicken side, offset, dan pergeseran di sedimen-sedimen Pleistosen dapat mengakibatkan patahan ini aktif sewaktu-waktu. Karena patahan ini, Jakarta berpotensi akan tenggelam suatu saat nanti karena gempa tektonik.

Tetap Tenang Pascagempa pada hari Rabu tersebut, BMKG mencatat terjadi satu kali gempa bumi susulan dengan kekuatan 2,6 SR pada hari Rabu (18-4-2018) pukul 23.32 WIB.

Biasanya kekuatan gempa susulan akan makin mengecil sebagai bentuk pelepasan energi. BMKG mencatat sejak 12 April hingga 19 April 2018 atau dalam sepekan sebanyak 141 gempa telah terjadi dengan kekuatan gempa bervariasi dan sebanyak 12 di antaranya berkekuatan magnitudo lebih dari 5.

Oleh karena itu, masyarakat khususnya di sekitar Banjarnegara diimbau untuk tetap tenang dan selalu waspada akan segala potensi yang bisa terjadi.

Begitu juga dengan daerah lainnya karena Indonesia yang terletak di kawasan rawan bencana dan dikelilingi patahan-patahan, masyarakat perlu memiliki kesadaran akan potensi bencana yang selalu mengintai.

Bukan hanya gempa bumi, melainkan juga bencana lainnya, seperti banjir, angin langkisau (puting beliung), kekeringan, tanah longsor, dan dan tsunami.

Oleh karena itu, mitigasi dan hidup arif serta bersahabat dengan alam sangat penting dan perlu disadari oleh masyarakat karena Indonesia adalah “supermarket” bencana. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Indonesia Darurat Keadilan