Kenalkan Budaya Indonesia, Pemkab Boyolali Kirim 18 Pelajar ke Moskow

0
42
boyolali
Kantor Pemkab Boyolali

BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, akan mengirim sebanyak 18 pelajar SMA/SMK sebagai duta seni ke Moskow Rusia untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada warga negara setempat pada 2 Agustus 2017 mendatang.

“Para pelajar yang dikirim ke Moskow tersebut juga diberikan tugas khusus menjadi sales untuk menawarkan produk-produk unggulan usaha makro, kecil, dan menengah (UMKM) Boyolali yang memiliki kelas dunia,” ujar Bupati Boyolali Seno Samodro, dilansir dari Antara, Sabtu (17/6).

Adapun sejumlah produk unggulan Boyolali yang akan dikenalkan antara lain, kerajinan tembaga Tomang, kemudian buah segar, seperti pepaya, rambutan, durian, dan mangga.

“Moskow itu meminta impor komoditas buah asal Boyolali. Hanya kalangan swasta Boyolali sekarang tingggal mampu menangkap peluang ini atau tidak. Pemkab Boyolali akan menfasilitasi peluang bisnis bagi swasta,” ujar Seno.

Menyinggung kembali soal duta seni, Seno mengatakan bahwa para pelajar tersebut selain akan menghibur dengan menampilkan seni budaya Indonesia di Moskow, mereka juga akan berkunjung ke universitas, museum, serta tempat-tempat budaya lokal sehingga mereka termotivasi untuk lebih giat belajar.

“Para pelajar yang dikirim ke Moskow itu seperti menyemai benih yang hasilnya bisa dipanen 30 hingga 40 tahun mendatang. Kami berharap kelak yang menjadi pemimpin, baik kepala daerah maupun menteri, berasal dari duta seni Boyolali,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boyolali Darmanto menyebutkan sebanyak 18 pelajar SMA/SMK menuju Moskow dan 18 lainnya ke Eropa (Austria).

Menurut Darmanto, tercatat lebih dari 600 siswa yang mendaftar, baik dari SMA maupun SMK, mengikuti audisi untuk menjadi duta seni ke luar negari. Namun, dari hasil seleksi diambil 36 siswa yang lolos.

Program ini merupakan agenda tahunan. Pada tahun 2017 memasuki tahun kelima, sedangkan Boyolali sebelumnya mengirim duta seni ke Eropa, Tiongkok, Jepang, Korea, Moskow, dan Austria. Duta seni tahun depan rencana ke Brasil.

“Pelajar duta seni asal Boyolali ke Moskow tersebut berangkat pada tanggal 2 Agustus 2017, sedangkan tujuan Austria Eropa pada tanggal 17 Juli mendatang,” pungkasnya. (HA/IwanY)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

buku ips kelas 6

PKS Minta Pemerintah Selidiki Buku IPS Yudistira

TANJUNGPINANG, SERUJI.CO.ID - Partai Keadilan Sejahtera Kepulauan Riau meminta pemerintah menyelidiki buku IPS yang diterbitkan PT Yudistira untuk kelas VI SD, karena di salah satu...
zainut tauhid

Belum Ada Sertifikat Halal Vaksin Difteri, MUI: Hukum Imunisasi itu Mubah

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Zainut Tauhid Saadi mengatakan MUI belum menerima pendaftaran dan permintaan pemeriksaan kehalalan vaksin difteri dari pihak...

Kongres HIPMI, Gus Ipul: Jangan Biarkan Pengusaha Asing Jadi Pemenang di Negeri Kita

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berharap Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mampu menghadirkan pengusaha-pengusaha muda yang bisa bersaing...

KANAL WARGA TERBARU

Untitled

Utopia Share Syndrome

Hadirnya media sosial di tengah kerasnya kehidupan telah melahirkan "penyakit" baru yang bolehlah saya sebut dengan istilah "Share Syndrome". Sederhananya, Share Syndrome adalah semacam...

Max Havelaar dan AMDK Ummat

Dowwes Dekker adalah salah satu pencabut tonggak kejam kolonialisme di bumi Nusantara. Ia menjadi amtenaar saat Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch memaksa penduduk...
Diky Supratman

Tiga Tahun Bocah Ini Berjuang Dengan Penyakitnya

Kotawaringin Barat - Diky Supratman (16) anak dari pasangan Mustofa dan Marni jl. Ahamd Yani gg. Baning RT 29 Kelurahan Baru Arut Selatan Kotawaringin...