Kenalkan Budaya Indonesia, Pemkab Boyolali Kirim 18 Pelajar ke Moskow

BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, akan mengirim sebanyak 18 pelajar SMA/SMK sebagai duta seni ke Moskow Rusia untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada warga negara setempat pada 2 Agustus 2017 mendatang.

“Para pelajar yang dikirim ke Moskow tersebut juga diberikan tugas khusus menjadi sales untuk menawarkan produk-produk unggulan usaha makro, kecil, dan menengah (UMKM) Boyolali yang memiliki kelas dunia,” ujar Bupati Boyolali Seno Samodro, dilansir dari Antara, Sabtu (17/6).

Adapun sejumlah produk unggulan Boyolali yang akan dikenalkan antara lain, kerajinan tembaga Tomang, kemudian buah segar, seperti pepaya, rambutan, durian, dan mangga.

“Moskow itu meminta impor komoditas buah asal Boyolali. Hanya kalangan swasta Boyolali sekarang tingggal mampu menangkap peluang ini atau tidak. Pemkab Boyolali akan menfasilitasi peluang bisnis bagi swasta,” ujar Seno.

Menyinggung kembali soal duta seni, Seno mengatakan bahwa para pelajar tersebut selain akan menghibur dengan menampilkan seni budaya Indonesia di Moskow, mereka juga akan berkunjung ke universitas, museum, serta tempat-tempat budaya lokal sehingga mereka termotivasi untuk lebih giat belajar.

“Para pelajar yang dikirim ke Moskow itu seperti menyemai benih yang hasilnya bisa dipanen 30 hingga 40 tahun mendatang. Kami berharap kelak yang menjadi pemimpin, baik kepala daerah maupun menteri, berasal dari duta seni Boyolali,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boyolali Darmanto menyebutkan sebanyak 18 pelajar SMA/SMK menuju Moskow dan 18 lainnya ke Eropa (Austria).

Menurut Darmanto, tercatat lebih dari 600 siswa yang mendaftar, baik dari SMA maupun SMK, mengikuti audisi untuk menjadi duta seni ke luar negari. Namun, dari hasil seleksi diambil 36 siswa yang lolos.

Program ini merupakan agenda tahunan. Pada tahun 2017 memasuki tahun kelima, sedangkan Boyolali sebelumnya mengirim duta seni ke Eropa, Tiongkok, Jepang, Korea, Moskow, dan Austria. Duta seni tahun depan rencana ke Brasil.

“Pelajar duta seni asal Boyolali ke Moskow tersebut berangkat pada tanggal 2 Agustus 2017, sedangkan tujuan Austria Eropa pada tanggal 17 Juli mendatang,” pungkasnya. (HA/IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Membangun Kembali Budaya Bahari

Penjajah meninggalkan perangkat pelanggengan penjajahan melalui persekolahan. Persekolahan tidak pernah dirancang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Orang-Orang Merdeka

Sejak media menjadi industri, informasi dan berita harus tunduk pada kepentingan pemilik modal, dan erubahlan wartawan hanya sebagai alat produksi semata

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.