Kenalkan Budaya Indonesia, Pemkab Boyolali Kirim 18 Pelajar ke Moskow

0
122
boyolali
Kantor Pemkab Boyolali

BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, akan mengirim sebanyak 18 pelajar SMA/SMK sebagai duta seni ke Moskow Rusia untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada warga negara setempat pada 2 Agustus 2017 mendatang.

“Para pelajar yang dikirim ke Moskow tersebut juga diberikan tugas khusus menjadi sales untuk menawarkan produk-produk unggulan usaha makro, kecil, dan menengah (UMKM) Boyolali yang memiliki kelas dunia,” ujar Bupati Boyolali Seno Samodro, dilansir dari Antara, Sabtu (17/6).

Adapun sejumlah produk unggulan Boyolali yang akan dikenalkan antara lain, kerajinan tembaga Tomang, kemudian buah segar, seperti pepaya, rambutan, durian, dan mangga.

“Moskow itu meminta impor komoditas buah asal Boyolali. Hanya kalangan swasta Boyolali sekarang tingggal mampu menangkap peluang ini atau tidak. Pemkab Boyolali akan menfasilitasi peluang bisnis bagi swasta,” ujar Seno.

Menyinggung kembali soal duta seni, Seno mengatakan bahwa para pelajar tersebut selain akan menghibur dengan menampilkan seni budaya Indonesia di Moskow, mereka juga akan berkunjung ke universitas, museum, serta tempat-tempat budaya lokal sehingga mereka termotivasi untuk lebih giat belajar.

“Para pelajar yang dikirim ke Moskow itu seperti menyemai benih yang hasilnya bisa dipanen 30 hingga 40 tahun mendatang. Kami berharap kelak yang menjadi pemimpin, baik kepala daerah maupun menteri, berasal dari duta seni Boyolali,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boyolali Darmanto menyebutkan sebanyak 18 pelajar SMA/SMK menuju Moskow dan 18 lainnya ke Eropa (Austria).

Menurut Darmanto, tercatat lebih dari 600 siswa yang mendaftar, baik dari SMA maupun SMK, mengikuti audisi untuk menjadi duta seni ke luar negari. Namun, dari hasil seleksi diambil 36 siswa yang lolos.

Program ini merupakan agenda tahunan. Pada tahun 2017 memasuki tahun kelima, sedangkan Boyolali sebelumnya mengirim duta seni ke Eropa, Tiongkok, Jepang, Korea, Moskow, dan Austria. Duta seni tahun depan rencana ke Brasil.

“Pelajar duta seni asal Boyolali ke Moskow tersebut berangkat pada tanggal 2 Agustus 2017, sedangkan tujuan Austria Eropa pada tanggal 17 Juli mendatang,” pungkasnya. (HA/IwanY)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Kecelakaan

Mobil Dinas Bawa 10 Penumpang Masuk Jurang

PARIGI, SERUJI.CO.ID - Salah satu mobil dinas milik Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Tengah masuk ke jurang di kilometer 11 ruas Toboli-Tawaeli, Kabupaten Parigi Moutong,...
Orang tenggelam

Pengunjung Dilarang Berenang di Pantai Mukomuko

MUKOMUKO, SERUJI.CO.ID -  Warga yang berkunjung ke objek wisata pantai dan danau di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada libur Idul Fitri 1439 hijriah diimbau tidak...
tenggelam

Dua Wisatawan Hilang Tenggelam di Laut Selatan Sukabumi

SUKABUMI, SERUJI.CO.ID -  Dua wisatawan yang tengah berlibur di laut selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat di dua lokasi berbeda hilang tenggelam saat sedang berenang bersama...

Trump Tegaskan Tidak Akan Biarkan Amerika Jadi Kamp Migran

WASHINGTON, SERUJI.CO.ID -  Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pada Senin (18/6) bahwa dia tidak akan membiarkan AS menjadi "kamp migran" saat pemerintahannya menghadapi rentetan...

Minta Semua Pihak Hormati SP3, Cak Imin Ucapkan Selamat Pada Habib Rizieq

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua MPR RI Abdul Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin, meminta semua pihak menghormati keputusan polisi menerbitkan Surat...