Inflasi Daerah Tinggi, Solo Pelajari Cara BUMD Pangan DKI Jakarta Kendalikan Inflasi


SOLO, SERUJI.CO.ID – Pada bulan Juni 2018, angka inflasi di Kota Solo, Jawa Tengah lebih tinggi daripada angka inflasi di Jawa Tengah dan nasional. Badan Pusat Statistik mencatat inflasi Solo 0,85 persen pada bulan Juni.

Bila dibandingkan dengan DKI Jakarta, angka inflasi Jakarta justru jauh lebih rendah dari Kota Bengawan. Yaitu 0,48 pada bulan yang sama.

Dalam rapat koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) se-Solo Raya, Selasa (10/7), TPID menghadirkan BUMD DKI Jakarta, PT. Food Station Tjipinang Jaya. BUMD yang berkecimpung dalam bidang pangan tersebut memiliki andil dalam pengendalian inflasi di DKI Jakarta.

Direktur Keuangan PT. Food Station Tjipinang Jaya Thomas Hadinata mengemukakan, pihaknya turut menjaga kestabilan komoditas pangan di DKI Jakarta. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan daerah lain yang merupakan produsen.

“Sebab Jakarta itu untuk pangan 95 persen bergantung dari daerah lain. Sehingga penyediaannya kita bekerja sama dengan Jabar, Jatim dan Jateng,” katanya.

Tak hanya itu, BUMD pangan milik provinsi tersebut juga memberlakukan distribusi stok yang menarik guna pengendalian inflasi. Pihaknya melakukan distribusi pada 20 persen warga DKI Jakarta dengan kemampuan ekonomi yang rendah.

Kemudian, PT. Food Station Tjipinang Jaya pun menerapkan program beras bagi PNS DKI Jakarta. “Dananya dipotong dari Tunjangan Kinerja Daerah dan sistemnya menggunakan kartu atau cashless,” jelasnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo Bandoe Widiarto berharap, para stakeholder pengendali inflasi daerah di Solo Raya mampu mempelajari cara BUMD pangan Jakarta mengendalikan inflasi.

“Termasuk mengenai sistem kerjasama antar daerah, saya harap bisa dicontoh dan disempurnakan guna mengendalikan inflasi,” kata Bandoe. (Vita K/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

GOLPUT: Halal Versus Haram, dan Gerakan Ayo Memilih

Di tahun 2019, kita mencatat ikhtiar gerakan anti Golput yang unik di Indonesia. Promotornya Jeune and Raccord Communication. Tiga anak muda memulai gerakan ini: Monica JR, Riries Puri, Arie Prijono.

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

close