Inflasi Daerah Tinggi, Solo Pelajari Cara BUMD Pangan DKI Jakarta Kendalikan Inflasi

SOLO, SERUJI.CO.ID – Pada bulan Juni 2018, angka inflasi di Kota Solo, Jawa Tengah lebih tinggi daripada angka inflasi di Jawa Tengah dan nasional. Badan Pusat Statistik mencatat inflasi Solo 0,85 persen pada bulan Juni.

Bila dibandingkan dengan DKI Jakarta, angka inflasi Jakarta justru jauh lebih rendah dari Kota Bengawan. Yaitu 0,48 pada bulan yang sama.

Dalam rapat koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) se-Solo Raya, Selasa (10/7), TPID menghadirkan BUMD DKI Jakarta, PT. Food Station Tjipinang Jaya. BUMD yang berkecimpung dalam bidang pangan tersebut memiliki andil dalam pengendalian inflasi di DKI Jakarta.

Direktur Keuangan PT. Food Station Tjipinang Jaya Thomas Hadinata mengemukakan, pihaknya turut menjaga kestabilan komoditas pangan di DKI Jakarta. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan daerah lain yang merupakan produsen.

“Sebab Jakarta itu untuk pangan 95 persen bergantung dari daerah lain. Sehingga penyediaannya kita bekerja sama dengan Jabar, Jatim dan Jateng,” katanya.

Tak hanya itu, BUMD pangan milik provinsi tersebut juga memberlakukan distribusi stok yang menarik guna pengendalian inflasi. Pihaknya melakukan distribusi pada 20 persen warga DKI Jakarta dengan kemampuan ekonomi yang rendah.

Kemudian, PT. Food Station Tjipinang Jaya pun menerapkan program beras bagi PNS DKI Jakarta. “Dananya dipotong dari Tunjangan Kinerja Daerah dan sistemnya menggunakan kartu atau cashless,” jelasnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo Bandoe Widiarto berharap, para stakeholder pengendali inflasi daerah di Solo Raya mampu mempelajari cara BUMD pangan Jakarta mengendalikan inflasi.

“Termasuk mengenai sistem kerjasama antar daerah, saya harap bisa dicontoh dan disempurnakan guna mengendalikan inflasi,” kata Bandoe. (Vita K/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Lima Macam Riba Yang Diharamkam