Hujan Deras, Sembilan Kelurahan di Pekalongan Terendam Banjir Rob

PEKALONGAN, SERUJI.CO.ID – Hujan deras yang terus mengguyur Kota Pekalongan, Jawa Tengah, sejak Rabu (31/1) malam hingga Kamis (1/2) pagi mengakibatkan sembilan kelurahan terendam banjir dan rob.

Ketinggian banjir dan rob mencapai sekitar 30 sentimeter hingga 45 sentimeter.

Banjir dan rob tersebut tampak menggenangi permukiman penduduk di sejumlah kelurahan Kecamatan Pekalongan Utara dan Kecamatan Pekalongan Barat.

Kepala Pelaksana Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan, Suseno di Pekalongan, Kamis (1/2), mengatakan bahwa banjir yang melanda Kota Pekalongan karena kiriman air sungai dari Kabupaten Pekalongan.

Adapun penyebab rob, kata dia, karena kondisi cuaca di perairan Laut Jawa masih terjadi gelombang tinggi sehingga air laut meluap ke permukiman penduduk di wilayah kawasan pantai.

“Kendati rumah warga terendam rob, belum ada warga yang mengungsi. Mereka bertahan di rumahnya sendiri. Aktivitas masyarakat masih tetap berjalan meski sedikit agak terganggu,” katanya.

Ia mengatakan banjir dan rob tersebut mulai melanda Kota Pekalongan sejak Rabu malam dengan ketinggian air mencapai sekitar 60 centimeter.

“Akan tetapi, banjir dan rob tersebut kini mulai menyusut dengan ketinggian sekitar 45 sentimeter. Kendati demikian, kami telah mengimbau pada warga tetap waspada terhadap kemungkinan timbulnya bencana,” katanya.

Menurut dia, pemkot telah menyiagakan tiga tempat pengungsian yaitu di Gedung Olahraga (GOR) Jetayu dan kantor kecamatan , serta Stadion Hoegeng Kraton.

“Adapun, sembilan kelurahan yang dilanda banjir dan rob yang berada pada 2 kecamatan itu, antara lain Kelurahan Kandang Panjang, Panjang Wetan, Panjang Baru, Pasirsari, Tito dan Pasir Kramatsari Kraton,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Potret Pengelolaan BUMN: Prinsip GCG vs Managemen “Koncoisme”

Fenomena pengelolaan BUMN dan BUMD yang tidak mengindahkan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip GCG sangat potensial membawa kerugian dan kebangkrutan terhadap perusahaan BUMN dan BUMD yang bersangkutan.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER