Hadapi Cuaca Ekstrem, BPBD Surakarta Pangkas Ranting Pohon

1
72
  • 1
    Share
Petugas memangkas ranting pohon di Kota Surakarta, Jumat (17/11/2017).(Foto:Vita Kurnia/SERUJI)

SOLO, SERUJI.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surakarta melakukan pemangkasan ranting-ranting pohon. Pemangkasan ini menindaklanjuti cuaca ekstrem yang terjadi saat musim penghujan di Kota Surakarta.

Pemangkasan ranting pohon melibatkan puluhan orang yang terdiri dari personel BPBD, Tim SAR, DPU PR serta Dinas Lingkungan Hidup.

“Kita pangkas ranting-ranting pohon yang bebannya terlalu berat,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Surakarta Dono Tumpo, Jumat (17/11/2017).

Ia menambahkan, pemangkasan pohon dilakukan di tujuh ruas jalan di Kota Surakarta. Pemangkasan dilaksanakan selama kurang lebih dua pekan.

“Tujuh ruas jalan itu antara lain Jalan Ahmad Yani, Slamet Riyadi, Honggowongso, Jalan Ir. Sutami dan lain sebagainya,” ujar dia.

Dono menjelaskan, pemangkasan ranting pohon sekaligus mengantisipasi terjadinya pohon tumbang. Data BPBD Surakarta menunjukkan, sejak musim penghujan tak kurang dari 20 pohon tumbang di kota Bengawan.

Meski tumbangnya puluhan pohon selama musim hujan tidak menimbulkan korban jiwa, namun tetap harus diantisipasi.

“Makanya kami melakukan antisipasi, memilih pohon yang sekiranya rawan tumbang dan memangkas beberapa rantingnya,” paparnya. (Vita K/Hrn)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU