Gempa Lombok, UNS dan PMI Solo Kirim Tim Medis

SOLO, SERUJI.CO.ID – Gempa bumi 7 Skala Richter (SR) mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Ahad (4/8) yang lalu. Tak kurang dari 98 orang meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

Gempa Lombok menggerakkan hati seluruh masyarakat Indonesia. Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dan Palang Merah Indonesia (PMI) Solo pun mengirimkan relawan serta tim medis ke Lombok, NTB.

Koordinator tim UNS yang juga merupakan Dekan Fakultas Kedokteran UNS Hartono mengemukakan, UNS mengirim beberapa tim, terdiri dari tim medis, tim SAR serta tim pendukung.

Adapun tim medis terdiri dari belasan dokter spesialis yang dibutuhkan di lokasi bencana.

“Seperti misalnya kesehatan anak, kardiovaskular, penyakit dalam,” ungkap Hartono, Selasa (7/8).

Tim medis dari UNS diberangkatkan Selasa (7/8) sore ini dari Solo ke Lombok. Mereka akan membantu penanganan korban bencana gempa.

Bukan hanya UNS, PMI Solo pun sebelumnya telah mengirimkan sejumlah tim medis dan relawan. Total jumlah orang yang dikirim oleh PMI Solo yakni sebanyak 11 orang. Mereka diberangkatkan Senin (6/8) dan diperkirakan akan tiba di Lombok Rabu (8/8).

Sekretaris PMI Solo Sumartono Hadinoto mengemukakan, PMI juga membawa dua unit kendaraan menuju Lombok melalui jalur darat. Yakni satu unit ambulans dan satu unit kendaraan operasional.

Adapun personel yang dikirim terdiri dari dokter, perawat, apoteker, relawan, staf, serta ahli program support psycological untuk menangani trauma para korban gempa.

“Kami membawa perlengkapan evakuasi serta obat-obatan lengkap untuk para korban,” jelas Sumartono. (VITA K/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengkritisi Strategi Anti-Korupsi Para Capres

Debat capres putaran pertama telah usai. Terlepas paslon mana yang akan keluar sebagai juara dan berhak memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan, tulisan ini ingin mengkritisi ide dan gagasan para paslon seputar pemberantasan korupsi.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.