Dishub Bantul Siapkan Ratusan Armada Angkutan Mudik


BANTUL, SERUJI.CO.ID – Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan 210 armada untuk angkutan pemudik atau warga yang pulang kampung ke daerah itu pada Idul Fitri 1439 Hijriah.

“Jumlah armada di Bantul yang siap untuk mengangkut pemudik itu terdiri antarkota dalam provinsi (AKDP) 105 armada, angkutan perbatasan 88 armada, angkutan pedesaan 17 armada,” kata Kepala Dishub Bantul Aris Suharyanto di Bantul, Senin (21/5).

Dia menjelaskan seluruh armada angkutan pemudik tersebut sudah dipastikan memenuhi syarat kelayakan angkutan jalan, sebab sudah dilakukan uji kir termasuk pemeriksaan kelengkapan komponen kendaraan lainnya.

Untuk mendukung kelancaran angkutan Lebaran, pihaknya terus berkoordinasi dengan instansi terkait dalam tim terpadu, termasuk melakukan pengujian kendaraan bermotor selama operasi Angkutan Lebaran.

“Kita juga menyediakan tiga bus cadangan armada angkutan Lebaran 2018 untuk mengantisipasi jika ada penumpukan penumpang yang terlantar di wilayah Bantul,” kata Aris.

Selama pelaksanaan Angkutan Lebaran 2018, Dishub akan menyiapkan jalur utama maupun alternatif, melakukan pemantauan pada titik rawan kemacetan, dan mempersiapkan sarana dan prasarana lalu lintas pendukung pelaksanaan Angkutan Lebaran.

“Penyelenggaraan Angkutan Lebaran di wilayah Bantul meliputi 17 kecamatan dititikberatkan pada distribusi pergerakan kendaraan, orang dan barang/jasa,” katanya.

Pemantauan pada ruas jalan wisata, kata dia, dilakukan di sejumlah titik menuju kawasan wisata, seperti Parangtritis, Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus Dlingo, dan Bukit Bintang Piyungan.

Dishub juga akan menurunkan personel yang bertugas sebagai penyiap data pada masing-masing pos pantau penumpang beserta kontak person yang bisa dihubungi agar bisa memberikan informasi terkini.

“Kemudian melakukan pembatasan angkutan barang di jalur-jalur utama. Namun, kami masih menunggu surat edaran dari Dirjen Perhubungan Darat tentang pembatasan operasional angkutan barang saat Lebaran,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

Utang RI Meroket Rp4.778 Triliun, Sri Mulyani: Kita Masih Lebih Hati-hati Dibanding Malaysia

Bahkan, jika dibanding negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Filipina, jelas Sri Mulyani, pengendalian utang Indonesia jauh lebih hati-hati.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close