Dinsos Yogyakarta Cairkan Bantuan Lansia dan Disabilitas April

0
22
Penyandang Disabilitas (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Dinas Sosial Kota Yogyakarta akan mencairkan bantuan berupa jaminan hidup untuk penyandang disabilitas dan warga lanjut usia yang masuk sebagai warga miskin penerima kartu menuju sejahtera mulai April.

“Sekarang masih dalam proses seleksi karena tidak semua penyandang disabilitas dan warga lanjut usia (lansia) akan menerima bantuan. Harapannya, April sudah bisa dicairkan,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta Bedjo Suwarno di Yogyakarta, Rabu (28/3).

Menurut dia, seleksi dan verifikasi di lapangan tersebut diperlukan karena dimungkinkan ada warga disabilitas maupun lansia yang sudah meninggal dunia atau bahkan pindah domisili kependudukan.

Hasil seleksi tersebut kemudian ditetapkan melalui surat keputusan wali kota sebagai penerima jaminan hidup pada 2018. Dinas Sosial akan memberikan bantuan kepada 900 lansia dan 115 penyandang disabilitas.

Berdasarkan data awal yang dimiliki Dinas Sosial Kota Yogyakarta, terdapat 2.801 data penyandang disabiltas yang akan diverifikasi.

“Kami akan prioritaskan warga yang benar-benar membutuhkan bantuan. Misalnya hanya hidup sendiri atau memiliki tanggungan keluarga yang banyak. Atau warga lansia yang sudah tidak produktif,” katanya.

Jaminan hidup akan diberikan untuk empat bulan sekaligus yaitu mulai Januari hingga April, dengan nilai bantuan sebesar Rp300.000 per bulan untuk setiap penerima.

“Kami akan upayakan agar bantuan diberikan dalam bentuk non tunai sehingga penerima pun sebaiknya memiliki rekening di bank,” katanya.

Jika tidak memiliki rekening, lanjut Bedjo, bantuan akan diterimakan secara tunai karena Pemerintah Kota Yogyakarta tidak ingin membebani penyandang disabilitas maupun warga lansia.

“Karena bantuan ini ditujukan sebagai jaminan hidup, maka kami berharap bantuan dapat benar-benar dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Digunakan untuk hal yang baik,” katanya.

Bantuan jaminan hidup untuk warga penyandang disabilitas dan lansia tersebut berasal dari tambahan dana pengentasan kemiskinan yang diperoleh Dinas Sosial Kota Yogyakarta pada tahun ini. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
KPU

KPU Banjarmasin Akan Gelar Pentas Budaya

BANJARMASIN, SERUJI.CO.ID- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin akan menggelar pentas budaya di Siring Sungai Martapura di Jalan RE Martadinata atau depan Balaikota, Sabtu...

Muspida Cianjur Berkomitmen Berantas Miras

CIANJUR, SERUJI.CO.ID - Muspida dan MUI Cianjur, Jawa Barat, berkomitmen untuk memberantas miras dan oplosan dengan cara meningkatkan razia gabungan diberbagai wilayah setiap pekannya. Bahkan kegiatan...

Operasi Gempur Temukan 45.020 Batang Rokok Ilegal

TUAL, SERUJI.CO.ID - Operasi Gempur yang dilancarkan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai di Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual, dan Dobo, ibu kota Kabupaten Kepulauan Aru...

Polsek Ubud Tangkap Warga Australia Aniaya Pacar

UBUD, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Sektor Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, menangkap warga negara Australia berinisial AH yang diduga telah melakukan penganiayaan terhadap kekasihnya Agniezka Krzystofowicz...

Bom Perang Dunia Kedua Ditemukan Dekat KBRI Berlin

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kedutaan Besar RI di Berlin sementara tidak buka pada Jumat (20/4) karena otoritas setempat akan mengevakuasi bom sisa Perang Dunia II...