Desa di Lereng Merapi Cek Kesiapan Barak Pengungsian

0
30
Kondisi gunung Merapi pascaletusan freatik Jumat (11/5/2018) pagi (foto: twitter: BNPB Indonesia)

SLEMAN, SERUJI.CO.ID –  Pemerintah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengecek kesiapan dan kelengkapan barak pengungsian yang ada di komplek Balai Desa Kepuharjo di Dusun Pager Jurang.

“Pengecekan yang kami lakukan diantaranya perlengkapan alas tidur dan selimut, peralatan masak dan perlengkapan makan serta tempat mandi, cuci dan kakus,” kata Kepala Desa Kepuharjo Heri Suprapto, Sabtu (26/5).

Menurut dia, untuk kondisi barak pengungsian sendiri saat ini sangat memadai dan siap menampung pengungsi jika memang ada perintah pengungsian bagi warga di radius bahaya.

“Kapasitas barak sendiri sekitar 350 jiwa, barak ini hanya diprioritaskan untuk warga di Dusun Kopeng yang berjarak sekitar enam kilometer dari puncak Gunung Merapi,” katanya.

Ia mengatakan, skenario pengungsian sendiri nantinya menunggu kebijakan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta terkait radius warga yang harus mengungsi.

“Jika nanti yang harus diungsikan berjarak lebih dari delapan kilometer maka barak pengungsian di Desa Wukirsari, Cangkringan. Namun jika kurang dari delapan kilometer makan menggunakan barak pengungsian Pager Jurang, Kepuharjo,” katanya.

Heri mengatakan, saat ini tidak ada warga Desa Kepuharjo yang mengungsi di barak maupun titik kumpul dan mereka tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

“Kesadaran warga juga sudah baik, mereka akan langsung mengungsi jika sudah ada perintah mengungsi,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini warga juga sudah mengamankan dokumen-dokumen penting dan berharga serta kebutuhan-kebutuhan lain yang diperlukan jika harus mengungsi.

“Dokumen dan surat penting serta benda berharga semua sudah disatukan dan disiapkan, sehingga jika harus mengungsi tinggal membawanya dan tidak kesulitan mencari,” katanya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Hari Reresik Malioboro

Wisatawan Keluhkan Mahalnya Tarif Parkir di Yogyakarta

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Keluhan wisatawan terkait tarif parkir kendaraan yang melebihi ketentuan saat libur Lebaran, khususnya di kawasan wisata Kota Yogyakarta mewarnai lini massa di...

Seorang Warga Nunukan Digigit Buaya

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID - Seorang warga Kampung Mamolo, Kelurahan Tanjung Harapan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengalami luka-luka akibat digigit buaya pada Ahad (17/6), sekitar pukul 10.30...
Mochamad Iriawan

Terungkap Pengusul Iriawan Sebagai Pj Gubernur Jabar, Mendagri: Presiden Jokowi

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Teka-teki siapa pengusul Komisari Jendral Polisi M. Iriawan sebagai Pejabat Gubernur Jawa Barat, menggantikan Ahmad Heryawan, terjawab saat pelantikan Iriawan yang...

Satpam Sekolah Gagalkan Pencurian Laptop

PONOROGO, SERUJI.CO.ID - Satpam SMPN 2 Jetis, Marni menggagalkan pencurian "laptop" atau komputer jinjing yang dilakukan dua orang tersangka, Randy dan Dika keduanya warga Kabupaten...

Abrasi Laut Ancam Wisata Tanjung Lesung

BANTEN, SERUJI.CO.ID - Abrasi air laut berpotensi mengancam puluhan meter jalan utama menuju destinasi wisata Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang menjadi pilihan favorit...