Buaya Peliharaan Lepas di Sungai, BKSDA Turun Tangan

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID – Tim gabungan yang terdiri dari SAR, BPBD, kepolisian dibantu warga berhasil menangkap seekor buaya pada Selasa (10/4). Buaya tersebut diketahui sudah berkeliaran di sekitar Sungai Sasak, Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah sejak Senin (9/4) sore.

Menurut Kapolsek Mojolaban AKP Priyono, buaya tersebut merupakan peliharaan salah seorang warga. Buaya itu terlepas dan berkeliaran di sungai.

“Sudah ada warga yang melihat. Warga sempat panik dan resah,” ungkap dia, Selasa (10/4)

Beruntung setelah dilakukan pencarian, buaya dapat ditangkap. Buaya tersebut kemudian dipindahkan ke Taman Satwa Taru Jurug untuk dirawat.

Kepala Resor Konservasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Surakarta Slamet Sukeri turut turun tangan. Slamet mengatakan, tidak seharusnya warga memelihara buaya.

“Buaya itu kan binatang yang dilindungi. Jadi tidak semua orang boleh memiliki,” ungkap Slamet.

Ia menerangkan, berdasarkan informasi, pemilik buaya saat ini telah meninggal dunia. Sedangkan keluarga pemilik tidak mengerti awal kepemilikan. Namun pihaknya mengaku akan tetap mengusut dan mendalami kepemilikan buaya oleh warga.

“Ini juga edukasi untuk masyarakat. Beberapa hewan seperti buaya memiliki potensi konflik tinggi. Seharusnya kalau memelihara ada laporan kepada kami,” terang dia.

Sementara Direktur TSTJ Bimo Wahyu mengatakan, buaya tersebut dibawa ke TSTJ. Sebab TSTJ merupakan tempat konservasi.

“Kami siap menampung (buaya) dan merawatnya,” kata dia. (Vita K/Hrn)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Salah Besar Bila Disebut Konflik Agraria Tidak Ada 3 Tahun Terakhir, Berikut Datanya

Pendapat Guru Besar hukum terkait pernyataan capres nomor urut 01, Jokowi soal tidak adanya sengketa lahan dalam kurun 3 tahun ini di proyek infrastruktur.

Memaknai Indonesia

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER