BPS Berharap Masyarakat Manfaatkan Data Statistik

0
25
BPS, Badan Pusat Statistik
kantor BPS (Foto: Istimewa)

SOLO, SERUJI.CO.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solo berharap masyarakat dapat memanfaatkan data statistik yang ada di website resmi BPS agar data tersebut tidak mubazir.

“Untuk bisa dituangkan menjadi data butuh proses yang panjang dan biaya yang cukup besar, jadi sayang jika tidak digunakan,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solo Bagus Rahmad Susanto pada acara sosialisasi data strategis dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional yang jatuh pada tanggal 26 September di Hotel Azizah Solo, Senin.

Ia mengatakan sebagai contoh kegiatan sensus ekonomi yang hingga saat ini masih dalam proses pelaksanaan, membutuhkan biaya hingga triliunan rupiah. Selain itu, dari sisi waktu, satu jenis survei untuk dapat diolah menjadi data yang siap untuk dipublikasikan membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan.

“Oleh karena itu, sayang sekali jika tidak digunakan. Data ini bersifat umum, bisa digunakan oleh peneliti, akademisi maupun instansi pemerintahan. Kalau sampai saat ini yang banyak memanfaatkan adalah instansi pemerintahan karena berhubungan dengan hasil kinerja mereka,” katanya.

Ia mengatakan data strategis yang paling banyak diakses karena kaitannya untuk pengambilan kebijakan, diantaranya pertumbuhan ekonomi, angka kemiskinan, jumlah penduduk, angka harapan hidup, inflasi, dan indeks pembangunan manusia.

Sedangkan dari sisi penggunaan oleh akademisi, menurut dia, hingga saat ini masih jarang digunakan padahal datanya bisa jadi penunjang dalam penelitian yang dilakukan.

“Kami juga membuka ruang untuk konsultasi. Jadi pengguna data bisa melihat melalui website, selanjutnya jika ada ada data-data yang perlu dikonsultasikan bisa langsung datang ke Kantor BPS,” katanya.

Sementara itu, mengenai kemungkinan data hasil survei yang dimiliki oleh BPS berbeda dengan data yang dihasilkan oleh instansi lain, dikatakannya, BPS memiliki kerangka sampel yang bersifat “up to date”.

“Jadi tidak asal ‘comot’ data, BPS sudah memiliki strata dan frame untuk pengambilan sampel sehingga menjadi data yang valid dan bisa digunakan oleh masyarakat secara luas,” katanya. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Peresmian Kantor Induk PJR Serang

Kantor Induk Polisi Jalan Raya Serang Resmi Beroperasi

SERANG, SERUJI.CO.ID - PT Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak selaku pengelola jalan tol Tangerang-Merak bersama Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meresmikan beroperasinya Kantor Induk Patroli...
Khofifah-Emil

Resmi Usung Khofifah-Emil, Golkar Ancam Beri Sanksi Kadernya yang Tak Dukung

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - DPP Partai Golkar mengancam akan mengambil sikap tegas kepada kader partai Golkar yang tidak menjalankan putusan Partai Golkar yang telah memberikan...
Gus Ipul (kiri) dan Khofifah (kanan)

Survei: Jika Pilgub Jatim Dilakukan Hari ini, Siapakah Yang Anda Pilih?

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur akan berlangsung pada tahun 2018. Dan saat ini sudah ada dua pasang calon yang secara resmi...

KANAL WARGA TERBARU

Setan Pendidikan yang Bernama Kompetisi

Oleh Muhammad Hanif Priatama Bagaimana cara kebanyakan orangtua mengetahui seberapa baik anaknya di sekolah saat ini? Jawabannya : RANGKINGNYA! Ya, tidak ada sarana yang paling...
KH. Luthfi Bashori

Pilih Mancung atau Pesek?

KH. Luthfi Bashori Seseorang yang berpakaian islami itu menunjukkan imannya MANCUNG di sisi Allah. Sedangkan menanggalkan pakaian islami itu adalah perbuatan orang yang PESEK imannya...
images lpdp

Contoh Essai LPDP: Sukses Terbesar dalam Hidupku

Beasiswa LPDP menjadi pilihan bagi para penuntut ilmu yang ingin melanjutkan pendidikannya pada level Master dan Doktoral, baik di Dalam maupun Luar Negeri. Salah...