BPBD Ingatkan 12 Potensi Ancaman Bencana di Yogyakarta

0
217
  • 1
    Share
Gempa
Ilustrasi pencatatan kekuatan gempa.

SLEMAN, SERUJI.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mengingatkan masyarakat bahwa wilayah setempat memiliki 12 pontensi ancaman bencana alam sehingga dibutuhkan kesiapsiagaan mereka.

“Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang meliputi lima kabupaten/kota memiliki sejarah panjang kebencanaan dan secara geografis, geologis, serta hidrometeorologis memiliki karakteristik alam yang menyimpan 12 ancaman bencana,” kata Sekretaris BPBD DIY Heru Suroso di Sleman, Jumat (10/11).

Menurut dia, salah satu upaya pengurangan risiko bencana yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk dapat mengenali, memahami, menyadari jenis ancaman bencana di sekitarnya.

Loading...

“Dan yang terpenting adalah masyarakat mampu melakukan upaya pencegahan, kesiapsiagaan, dan meminimalkan risiko bencana,” katanya.

Ia mengatakan dari 438 desa yang ada, 301 desa merupakan desa rawan bencana yang di antaranya terdapat di wilayah Kabupaten Sleman.

“Masyarakat perlu dibekali dengan kemampuan mitigasi bencana sehingga akan meningkatkan ketangguhan masyarakat di dalam menanggulangi bencana dan bila sewaktu-waktu terjadi bencana telah siaga dengan mengerahkan segala potensi di lingkungan setempat,” katanya.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU